Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Mendapat Gelar Doktor Kehormatan untuk Kesembilan Kali

Soka University di Tokyo, Jepang bakal menganugerahkannya untuk Presiden Kelima Indonesia itu Rabu (8/1/2019).
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Osaka, Jepang./Sumber PDI Perjuangan
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Osaka, Jepang./Sumber PDI Perjuangan

Bisnis.com, JAKARTA — Gelar doktor kehormatan atau honoris causa bagi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan bertambah. Soka University di Tokyo, Jepang bakal menganugerahkannya untuk Presiden Kelima Indonesia itu Rabu (8/1/2019).

“Ibu Ketua Umum akan menerima gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan dari Soka University,” kata Ketua Bidang Luar Negeri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah di Tokyo, Jepang, melalui keterangan pers, Senin (6/1/2019).

Basarah menjelaskan bahwa walau tak pernah menamatkan pendidikan di perguruan tinggi, tak berarti membuat Megawati bisa menorehkan prestasi gemilang.

"Tampilnya Bu Mega sebagai Presiden Perempuan Pertama di Indonesia, sukses memimpin parpol terbesar di Indonesia dan segudang prestasi lainnya telah membuktikan kapasitas intelektual dan skill leadership Bu Mega," jelasnya.

Menurut Basarah, kesuksesan Megawati dalam berbagai bidang pengabdian membuktikan bahwa dia adalah seorang otodidak yang mampu menyerap berbagai praktik disiplin ilmu langsung dari lapangan.

"Kemampuan luar biasa Bu Mega itulah yang menjadi salah satu pertimbangan banyaknya perguruan tinggi yang memberikan Doktor Kehormatan kepada Presiden RI ke 5 itu," ucapnya.

Putri Proklamator Indonesia, Bung Karno itu pernah kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada era 1965-1967.

Selain itu, Megawati juga pernah menimba ilmu di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Jakarta 1971-1972. Namun, perempuan kelahiran 23 Januari 1947 di Yogyakarta itu tak pernah menamatkan kuliahnya karena faktor politik setelah dijatuhkannya Bung Karno pada masa awal Orde Baru dulu.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa sikap penguasa saat itulah yang membuat Megawati harus menghentikan pendidikannya. Meski begitu, dengan akan diterimanya gelar ke-sembilan DR HC, sudah cukup membuktikan pengakuan dunia perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

"Penganugerahan ini pengakuan perguruan tinggi dalam dan luar negeri atas kapasitas intelektual dan prestasi membanggakan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper