Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China, Rusia, Iran Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut di Perairan Oman

China, Iran, dan Rusia akan mengadakan latihan angkatan laut gabungan pada 27 Desember-30 Desember 2019 di Samudra Hindia dan Laut Oman, di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat di wilayah tersebut.
Ilustrasi/Reuters-Stringer
Ilustrasi/Reuters-Stringer

Bisnis.com, JAKARTA - China, Iran, dan Rusia akan mengadakan latihan angkatan laut gabungan pada 27 Desember-30 Desember 2019 di Samudra Hindia dan Laut Oman, di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Kementerian Pertahanan China menyatakan dalam latihan tersebut, China akan mengirim Xining, sebuah perusak rudal kendali. Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian mengatakan latihan tersebut dimaksudkan untuk memperdalam kerja sama antara angkatan laut ketiga negara

"Latihan itu adalah pertukaran militer normal antara ketiga angkatan bersenjata dan sejalan dengan hukum dan praktek internasional," kata Wu, dikutip dari Reuters, Kamis (26/12/2019).

"Itu tidak harus terhubung dengan situasi regional," katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Laut Oman adalah jalur air yang sangat sensitif karena terhubung ke Selat Hormuz, di mana sekitar seperlima pasokan minyak dunia melintas, yang kemudian terhubung ke Teluk Arab.

Latihan tersebut juga dilakukan pada saat ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran meningkat.

Gesekan antara kedua negara tersebut telah meningkat sejak tahun lalu ketika Presiden AS Donald Trump menarik AS dari perjanjian nuklir Iran 2015 dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

Belum lagi, hubungan keduanya juga kembali memanas ketika AS menuding Iran berada di balik serangan terhadap beberapa kapal tanker di perairan Teluk pada Mei dan Juni lalu. AS juga menuduh Iran mendalangi serangan terhadap fasilitas minyak Saudi Aramco di Arab Saudi pada September lalu. Iran sendiri telah membantah tuduhan-tuduhan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper