Menakar Peluang Pemakzulan Presiden Donald Trump

Perkembangan politik di tingkat elite Amerika Serikat (AS) kian memanas. Apalagi, kalau bukan soal isu pemakzulan Presiden Donald Trump yang menjadi tema sentral hampir di setiap pemberitaan media massa hari-hari ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 13 Desember 2019  |  13:43 WIB
Menakar Peluang Pemakzulan Presiden Donald Trump
Presiden AS Donald Trump menghadiri KTT para pemimpin NATO di Watford, Inggris 4 Desember 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan politik di tingkat elite Amerika Serikat (AS) kian memanas. Apalagi, kalau bukan soal isu pemakzulan Presiden Donald Trump yang menjadi tema sentral hampir di setiap pemberitaan media massa hari-hari ini.

Trump bukan sendirian. Tiga presiden AS sebelumnya juga pernah mejalani proses pemakzulan. Hanya saja, perlu dicatat belum ada sejarahnya presiden negara Paman Sam yang diberhentikan sebagai ujung dari proses panjang pemakzulan berdasarkan putusan parlemen.

Akan tetapi, apakah Trump akan menciptakan sejarah baru tentu masih harus menunggu pembuktian.

Sebagian kalangan ada yang optimistis dan ada pula yang skeptis Donald Trump akan lengser karena proses pemakzulan. Dua kubu, masing-masing Partai Demokrat dan Partai Republik, saling berhadapan mempertahankan argemen mereka di Kongres yang terdiri dari para anggota DPR dan para Senator.

Hal itu bisa dimaklumi karena DPR AS saat ini dikuasai oleh Partai Demokrat, sedangkan Senat dipenuhi oleh para politisi yang satu kubu dengan Trump dari unsur Partai Republik.

Tag : Donald Trump
Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top