Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi Bisa Bikin Kiamat Negara

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan Hari Antikorupsi Sedunia bertujuan untuk menyadarkan bahaya korupsi terhadap suatu negara.
Ilustrasi korupsi/Istimewa
Ilustrasi korupsi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan Hari Antikorupsi Sedunia bertujuan untuk menyadarkan bahaya korupsi terhadap suatu negara.

"Seperti apa Hari Antikorupsi? Hari itu dibuat agar dunia sadar bahwa korupsi bisa bikin kiamat suatu negara. Bikin negara bubar, tidak efisien, tidak efektif tidak adil," kata Saut ketika ditemui di Festival Film Antikorupsi, Ciputra Artpreneur, Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Saut menuturkan salah satu akibat dari korupsi adalah munculnya isu radikalisme. Dia menyebut, korupsilah yang membuat seseorang membenci negara dan bertindak radikal.

"Bahkan isu radikalisme datang banyak dari isu korupsi di depannya. Maka, dalam transnational crime yang saya dalami 20 tahun itu, sebab ke negara itu yang membuat orang radikal, itu latar belakangnya korupsi," kata Saut.

Lebih lanjut Saut mengatakan, radikalisme bisa datang dari berbagai latar belakang pula. Seperti radikal agama, ideologi, bahkan ekonomi.

"Oleh sebab itu kalau kita komit, korupsi menyengsarakan buat orang sebal dan sedikit lebih radikal, maka dalam rangka Hari Antikorupsi, kami mengajak masyarakat untuk sama-sama. KPK enggak bisa memerangi sendiri," kata Saut.

Saut menjelaskan, upaya memerangi korupsi bisa dimulai dari hal yang kecil dan sederhana.

"Contoh, SIM kalau enggak lulus jangan nyogok sampai kapan pun. Demikian juga jangan melanggar lalu lintas, jangan buang sampah. Untuk mahasiswa, jangan titip absen," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper