Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Muatan Kompetensi dan Sertifikasi, Lulusan STEI Siap Masuk Pasar Kerja

Pengusaha Tanah Air, Sandiaga Salahuddin Uno memastikan di atas 50% lebih generasi muda Indonesia ingin memiliki usaha sendiri. Para usia muda ini merupakan generasi entrepreneurship atau generasi wirausaha.

Bisnis.com, JAKARTA – Pengusaha Tanah Air, Sandiaga Salahuddin Uno memastikan di atas 50% lebih generasi muda Indonesia ingin memiliki usaha sendiri. Para usia muda ini merupakan generasi entrepreneurship atau generasi wirausaha.

Perwujudan gerak anak muda saat ini adalah lebih proaktif dan lebih produktif. Mereka merupakan generasi entrepreneurship yang akan membuka usaha secara mandiri.

Demikian pandangan dan pencerahan mantan Wagub DKI Jakarta dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2019 itu sebagai keynote speaker Wisuda  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) yang ke-47 yang dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Di hadapan mahasiswa STEI, Sandi menitipkan dua pesan. Pertama, kenali diri sendiri. Kedua, identifikasi seluruh peluang yang ada di sekitar.

“Jangan mau hanya dijadikan pasar. Jadilah generasi produktif, jadilah generasi produktif, jadi generasi yang ikut menjadi pemain, bukan penonton,” katanya.

Sandi yakin generasi muda Indonesia akan menjadi pemain dari kemajuan ekonomi Indonesia 20 sampai 25 tahun mendatang.

“Saya selalu sampaikan generasi kita ke depan harus generasi proaktif, generasi yang berani mengambil risiko, generasi yang berinovasi, itu ciri-ciri yang membawa Indonesia maju ke depan,” tuturnya.

Saat ditanya mengenai perkembangan akuntansi ke depan, pengusaha muda sukses itu yakin ada beberapa pekerjaan rutin terkait akuntansi akan tergantikan. Namun, bakal timbul lapangan-lapangan kerja baru seperti analitik terhadap big data dan lainnya.

“Menjadi tugas dunia usaha dan akademisi untuk merumuskan kurikulum baru agar akuntansi tidak ketinggalan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua STEI Ridwan Maronrong mengatakan, untuk mencetak lulusan yang bisa beradaptasi 4.0, maka STEI bekerjasama dengan dunia industri, sehingga link and match antara dunia pendidikan dan industri.

“STEI telah bekerjasama dengan perusahaan swasta dalam dan luar negeri, supaya lulusan STEI siap kerja,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, STEI membekali lulusannya dengan Sertifikat Pendamping Ijazah, sesuai program studi atau jurusan yang diambil dan TOEFL.

Untuk memenuhi kebutuhan manajemen berbasis digital, pada tahun ajaran 2020/2021 STEI membuka program baru yaitu Manajemen Bisnis Digital.

Ke depannya, Ridwan menargetkan STEI akan membuka kelas internasional dimulai dengan perkuliahan dengan bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper