Munas Golkar : Empat Nama Tidak Lolos Seleksi Bakal Calon Ketum

Komite Pemilihan bakal calon ketua umum Partai Golkar telah menerima berkas pendaftaran dan menyeleksi semua nama. Dari sembilan calon, empat orang tidak lolos.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Desember 2019  |  18:50 WIB
Munas Golkar : Empat Nama Tidak Lolos Seleksi Bakal Calon Ketum
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengacungkan ibu jarinya saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (2/12/2019). Partai Golkar akan melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) pada 3 Desember 2019 dengan salah satu agendanya pemilihan ketua umum periode 2019-2024. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Komite Pemilihan bakal calon ketua umum Partai Golkar telah menerima berkas pendaftaran dan menyeleksi semua nama. Dari sembilan calon, empat orang tidak lolos.

Ketua Komite Pemilihan Munas, Maman Abdurahman mengatakan bahwa keempat nama tersebut adalah Indra Bambang Utoyo, Aris Mandji, Achmad Annama, dan Derek Loupatty. Sisanya yang lolos adalah Ridwan Hisjam, Agun Gunandjar Sudarsa, Bambang Soesatyo, Mohamad Ali Yahya, dan Airlangga Hartarto. 

“Dari empat nama itu variatif. Ada beberapa permasalahan. Ada beberapa prasyarat yang belum terpenuhi,” katanya di Hotel Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Maman menjelaskan bahwa Indra dalam surat pernyataan tidak bersedia menandatangani untuk tak mendirikan partai baru apabila kalah dalam gelanggang. Atas dasar itu namanya dicoret.

Annama tidak lolos karena belum masuk sebagai pengurus DPP selama lima tahun. Darek melompati beberapa persyaratan. Sementara Aris berdasarkan catatan pernah menjadi caleg dari partai lain.

“Komite pemilihan betul-betul berdasarkan fakta dan data syarat-syarat administrasi yang ada,” jelasnya.

Sementara itu Bambang Soesatyo (Bamsoet) telah mengumumkan mengundurkan diri sebagai calon ketua umum. Dia ambil sikap tersebut setelah bertemu dengan senior Golkar, Luhut Pandjaitan.

Maman menuturkan bahwa meski Bamsoet mengundurkan diri, dia masih terdaftar sebagai calon. Alasannya belum ada surat resmi darinya.

“Jadi kami belum bisa memasukan beliau dalam kategori tidak memenuhi syarat. Sampai saat ini sesuai prasyarat administrasi masih lima [calon],” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
munas golkar, partai golkar

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top