Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemensos Rilis Formasi CPNS 2019, Simak Rinciannya

Kemensos membuka lowongan 117 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019.
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Sosial (Kemensos) membuka lowongan 117 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019.

Hal tersebut berdasarkan pada Pengumuman Nomor 2956/1/KP.02.01/11/2019 tentang Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Sosial RI Tahun Anggaran 2019.

Kementerian tersebut membuka empat jenis formasi penerimaan, yakni formasi khusus bagi cumlaude, formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat, formasi khusus disabilitas, dan formasi umum.

Untuk formasi cumlaude dibuka 12 formasi, disabilitas 2 formasi, putra/putri Papua dan Papua Barat 1 formasi, dan umum 102 formasi.

Formasi yang dibuka tersebut akan ditempatkan di unit kerja kantor pusat Kemensos, UPT Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (BP3S) di daerah, dan UPT Rehabilitasi Sosial.

Adapun persyaratan umum seleksi CPNS Kemensos 2019 adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang tetap, dan atau tidak sedang dalam proses peradilan sebagai terdakwa dalam kasus tindak pidana.

3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI.

4. Tidak berkedudukan sebagai pengurus dan atau partai politik atau terlibat politik praktis.

5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat/tidak atas permintaan sendiri/tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta;

6. Berkelakuan baik (Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK dari institusi kepolisian setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan terakhir).

7. Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah setempat dengan menyebutkan tingkat disabilitas bagi penyandang disabilitas yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan terakhir).

8. Bebas dari narkotika dan zat adiktif lainnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan terakhir).

9. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

10. Siap dan bersedia ditempatkan pada unit kerja Kementerian Sosial yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sesuai formasi.

11. Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office dan Internet.

Untuk persyaratan khusus, antara lain sebagai berikut:

1. Bagi formasi cumlaude disyaratkan berasal dari perguruan tinggi/prodi/jurusan terakreditasi A pada saat lulus.

2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,50 (bagi formasi disabilitas dan putra/putri Papua dan Papua Barat).

3. Memiliki IPK minimal 3,00 (bagi formasi umum).

4. Bagi jabatan pranata komputer, diutamakan yang bisa programming.

Rincian lengkap mengenai formasi, persyaratan, dan tata cara pendaftaran dapat dilihat melalui laman https://cpns.kemsos.go.id/

Pendaftaran untuk CPNS Kemensos dibuka mulai 11 November sampai dengan 21 November 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://sscasn.bkn.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper