Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partai Gelora Segera Disahkan, Ketua Umum Bukan Fahri Hamzah Tapi Tokoh Ini

Partai Gelora akan segera disahkan. Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tidak akan menjadi ketua umum partai baru tersebut.
Fahri Hamzah/ANTARA-Aprillio Akbar
Fahri Hamzah/ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Gelora akan segera disahkan. Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tidak akan menjadi ketua umum partai baru tersebut.

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta disebut akan menjadi Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, didampingi Fahri Hamzah sebagai wakil ketua umum. 

"Pak Anis jadi ketua umum, saya jadi wakil," kata Fahri Hamzah kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Fahri mengemukakan bahwa pembentukan Partai Gelora untuk menawarkan gagasan baru kepada publik.

Ia menegaskan bahwa Partai Gelora sebagai partai yang menanggalkan stereotip identitas partai yang selama ini seolah terbagi dua, yakni nasionalis dan Islam.

"Terus terang kami punya bantahan terhadap semua metode kategorisasi tradisional tentang parpol yang sebenarnya sempit, klaim bahwa ada partai nasionalis dan Islam. Seolah nasionalis bukan Islam dan Islam bukan nasionalis. Kami keluar dari semua debat itu," papar Fahri.

Kepengurusan Partai Gelora Indonesia ditargetkan selesai didaftarkan kepada Kementerian Hukum dan HAM di awal Januari 2020.

Setelah diakui sah sebagai partai, Fahri mengatakan bahwa Partai Gelora Indonesia akan segera dideklarasikan dan akan mengikuti Pilkada 2020.

Fahri menyebutkan ada beberapa pengurus Partai Gelora Indonesia yang akan maju pada Pilkada 2020 sehingga akan difasilitasi oleh partai.

Terkait ceruk pemilih Partai Gelora Indonesia, Fahri mengatakan bahwa pasarnya akan lebih luas dari partai lain karena Gelora Indonesia keluar dari dikotomi partai nasionalis atau Islam.

Bagi Gelora Indonesia, kata Fahri, Pancasila adalah rumah bersama dan sebagai payung besar.

"Sekarang pertanyaannya Anda mau beresin negara ini dengan cara apa? Itu yang lebih penting daripada ngomongin identitas setiap hari enggak selesai-selesai. Kami lompati itu semua sehingga pasar kami akan luas, lebih luas dari parpol lain," kata Fahri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper