Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertama Kali, Rektor ITB Seorang Wanita

Reini Wirahadikusumah resmi ditetapkan sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) berdasarkan berita acara penetapan Rektor ITB 2020-2025 Nomor 330/I1.MWA/BA/2019.
Salah satu sudut kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung, Jawa Barat./itb.ac.id
Salah satu sudut kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung, Jawa Barat./itb.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Reini Wirahadikusumah resmi ditetapkan sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) berdasarkan berita acara penetapan Rektor ITB 2020-2025 Nomor 330/I1.MWA/BA/2019.

Menurut Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro, Prof. Reini merupakan rektor wanita pertama di ITB.

"Prof. Reini ini menjadi rektor wanita di ITB, saya ucapkan selamat. Ke depan Prof. Reini akan berkolaborasi dengan gagasannya juga gagasan yang diberikan oleh calon rektor lain," ujar Yani di Griya Jenggala, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Dalam tahap akhir proses penyaringan calon rektor, Senat Akademik memilih tiga nama sebagai calon untuk dipilih sebagai rektor periode 2020-2025, yaitu Jaka Sembiring (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika), Kadarsah Suryadi (rektor lama), dan Reini Wirahadikusumah (Teknik Sipil).

Dipilihnya Reini melalui proses yang cukup panjang, sampai akhirnya diputuskan melalui sidang yang dilakukan MWA ITB dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Ketiga calon itu hebat-hebat, kita bingung harus pilih yang mana. Saya yakin calon ini kelak akan berkolaborasi siapa pun yang menjadi rektor," kata Yani.

"Tadi sidang pleno MWA yang dihadiri Mas Menteri. Sidang berjalan lancar dan sepakat yang terpilih adalah Prof Reini."

Menjadi rektor perempuan di ITB, Reini belum banyak bicara.

"Itu saya juga belum terlalu sign in, masih blank aja, karena baru beberapa jam yang lalu ditetapkan," tutur Guru Besar dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB itu.

Namun, Reini menyadari bahwa hal itu keputusan besar bagi dirinya.

"It's big deal, betul itu saya paham, karena selama ini kenapa saya ingin menjadi dosen, kerja, jadi profesor, memang ingin menjadi role model kepada yang dekat seperti anak-anak dan keponakan," kata Reini.

Saat ini Reini memiliki dua anak laki-laki. Dia menginginkan kedua anaknya menjadi pemuda yang memiliki paham gender yang baik dan memiliki contoh dari kedua orang tuanya.

Menurutnya, menjadi seorang perempuan itu tidak mudah, tapi jika memiliki kapasitas yang lebih akan membawa kebaikan bagi sekitarnya

"Jadi ketika saya memiliki kelebihan harus disalurkan. Termasuk mahasiswa yang S2 saya itu, mereka kalau lulus ingin menjadi seperti Bu Reini, begitu katanya," ujar Reini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper