Indiskop, Cara Baru DKI Hadirkan Kesetaraan Nikmati Hiburan

Pemerintah DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya berkolaborasi dengan PT Kreasi Anak Bangsa, dan Badan Ekonomi Kreatif Ekonomi Kreatif Indonesia telah menuntaskan pembangunan Bioskop Rakyat Indiskop yang berada di Pasar Teluk Gong, Jakarta Utara.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya berkolaborasi dengan PT Kreasi Anak Bangsa, dan Badan Ekonomi Kreatif Ekonomi Kreatif Indonesia telah menuntaskan pembangunan Bioskop Rakyat Indiskop yang berada di Pasar Teluk Gong, Jakarta Utara.

Bioskop Rakyat Indiskop berkonsep 'Edusinema, Ruang Kreatif, Kuliner Indonesia' tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Anies berharap keberadaan Indiskop dapat menghadirkan kesetaraan bagi seluruh lapisan masyarakat Jakarta, karena dapat menonton film di bioskop dengan harga terjangkau.

Indiskop bisa menjadi alternatif ruang ketiga untuk berinteraksi dan mendapatkan hiburan yang membangun rasa kebersamaan.

“Indiskop menjadi kesempatan bagi masyarakat Jakarta untuk menonton di bioskop dengan harga yang terjangkau. Ini sebuah babak baru untuk membangun kesetaraan, dan ini penting sekali agar warga Jakarta bisa memiliki ruang interaksi,” katanya.

Anies menegaskan Pemerintah DKI Jakarta akan terus berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan untuk menghadirkan Bioskop Rakyat Indiskop di setiap wilayah Ibu Kota Jakarta.

“Ini juga menjadi kesempatan bagi Pasar Jaya, karena setiap mulai membangun pasar, kami dorong untuk bangun Indiskop ini,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan Indiskop akan dimulai di tempat-tempat yang memiliki tantangan sosial ekonomi tinggi. Pembangunan itu pun akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, sehingga lebih banyak promosi yang dilakukan.

Pembangunan Indiskop sendiri bertujuan untuk memberi sarana akses menonton dan memperluas kesempatan menonton film bagi masyarakat kecil menengah, serta memberikan kesempatan bagi film Indonesia agar makin dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Selain itu, Bioskop Rakyat tersebut merupakan nilai tambah ekonomi untuk sektor ekonomi kreatif dan UKM sebagai dampak dari banyaknya bioskop dan jumlah produksi film. Pasalnya, di setiap Bioskop Rakyat akan ikut disediakan tempat untuk berjualan bagi para UKM.

Indiskop di Pasar Teluk Gong memiliki 2 studio dengan 110 kursi penonton untuk masing-masing studio. Adapun harga tiket yang dijual kepada masyarakat di bioskop ini tergolong sangat murah, yakni Rp18.000 pada Senin—Jumat, dan Rp25.000 pada Sabtu—Minggu.

Pembangunan Bioskop Rakyat ini juga didukung oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) 56.

Selama masa sosialisasi kepada masyarakat, film diputar sejak pukul 13.00 WIB setiap harinya.

Anies juga berpesan agar pengelolaan Indiskop dilakukan dengan sebaik mungkin, termasuk dalam merawat dan mengelola fasilitasnya.

“Memulai yang baru itu tentu menantang, tetapi sesudah yang pertama, ini bisa menjadi rujukan. Harga boleh murah, pengelolaan penuh dengan nuansa Indonesia, tetapi begitu sampai kebersihan, tunjukkan tempat ini sama bersih dan modern dengan tempat lain yang harga tiketnya mahal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper