Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oktober 2019, PMI Jasa China Melorot ke Level Terendah 8 Bulan

Aktivitas sektor jasa China, yang tergambar dalam data PMI Caixin servis, mencapai level terendah dalam 8 bulan terakhir pada Oktober 2019. Hal ini terjadi seiring dengan pelemahan indeks kepercayaan bisnis ke posisi terendah selama 15 bulan terakhir.
Wajah Beijing, ibu kota China./Reuters-Thomas Peter
Wajah Beijing, ibu kota China./Reuters-Thomas Peter

Bisnis.com, BEIJING—Aktivitas sektor jasa China, yang tergambar dalam data PMI Caixin servis, mencapai level terendah dalam 8 bulan terakhir pada Oktober 2019. Hal ini terjadi seiring dengan pelemahan indeks kepercayaan bisnis ke posisi terendah selama 15 bulan terakhir.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (5/11/2019), data Purcsing Manager’s Index (PMI) jasa dari Caixin melambat ke level 51,1 pada Oktober 2019. Ini menjadi level terendah sejak Februari 2019, dan turun dibandingkan September 2019 sebesar 51,3.

Namun demikian, indeks berhasil bertahan di atas level 50 sejak akhir 2005. Level 50 yang menjadi indikator menunjukkan adanya ekspansi.

Adapun, ekspektasi aktivitas bisnis juga turun ke level terendah dalam 15 bulan terakhir atau Juli 2018. Biro Statistik Nasional juga merilis PMI nonmanufaktur pada Oktober 2019 yang jatuh ke level terendah sejak Februari 2016.

“Kepercayaan bisnis memang tengah tertekan dalam kondisi pasar yang lemah,” papar Zhong Zhengseng, direktur analisis ekonomi makro CEBM Group, Selasa (5/11/2019).

Penurunan PMI sektor jasa disebabkan adanya ketidakcocokan antara tenaga kerja yang ada, dengan permintaan dari industri. Hal ini menyebabkan ketidakpercayaan terhadap prospek bisnis juga meningkat.

Untungnya peningkatan volume pekerja di luar negeri cenderung meningkat 4 bulan beruntun pada Oktober 2019. Bahkan pertumbuhan itu lebih cepat dibandingkan bulan sebelumnya.

Adapun, PMI manufaktur dan jasa Caixin sedikit meningkat menjadi 52 pada Oktober 2019, dibandingkan 51,9 pada September 2019.  Menurut Zhengseng, data ini mengindikasikan ekonomi China berangsur pulih pada bulan lalu, terutama di sektor manufaktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper