Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Segera Umumkan Detail Formasi CPNS

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk masyarakat umum.

JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk masyarakat umum.

Adapun pembukaan CPNS ini dilakukan secara serentak dengan seluruh Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Agung Pribadi mengatakan berdasarkan usulan Kementerian ESDM kepada Kemen-PAN RB, pihaknya akan membuka kembali formasi CPNS. 

Nantinya, pendaftaran CPNS akan dilakukan pada tanggal 11-24 November 2019 secara online melalui https://sscasn.bkn.go.id/. Untuk tahun ini, peserta hanya bisa mendaftar pada satu instansi juga satu formasi di Kementerian/ Lembaga/Pemerintah Daerah.

"Tahun ini Kementerian ESDM akan membuka kembali formasi CPNS berdasarkan usulan yang telah disetujui oleh Kemen-PAN RB, tunggu pengumuman lebih rinci 11 November nanti," katanya, dalam keterangan resmi, Minggu (3/11/2019).

Terkait pendaftaran CPNS, Agung mengingatkan para pelamar agar menyiapkan dokumen persyaratan dengan sebaik-baiknya. Dokumen persyaratan yang dibutuhkan a.l scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), pas foto dan swafoto, serta ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju.

Selain itu, untuk formasi yang dibutuhkan akan diumumkan segera di kanal resmi Kementerian ESDM.

"Bagi yang tertarik mengabdi membangun sektor ESDM, diharapkan segera menyiapkan syarat administrasi dimaksud, dan yang paling penting jangan percaya apabila yang menawarkan bantuan dan meminta imbalan, semua rekruitmen di Kementerian ESDM semua fair dan tidak berbayar," tambahnya.

Periode pembukaan CPNS dilaksanakan mulai November, dilanjutkan pengumuman hasil seleksi administrasi pada Desember.

Sementara itu, pada Januari disampaikan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), kemudian Februari pelaksanaan SKD, dan hasilnya akan menjadi dasar pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada Maret 2020.

Sebagai informasi, pada tahun ini Pemerintah membuka 152.250 formasi CPNS yang tersebar di 68 kementerian/lembaga (K/L) dan 462 Pemda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper