Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemangkasan Eselon Dinilai Bisa Mematikan Jenjang Karir ASN

Pemangkasan eselon di lingkungan birokrasi pemerintahan akan berdampak pada masa depan karir aparatur sipil negara atau ASN.
Ilustrasi. Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berswafoto./ANTARA-Rahmad)
Ilustrasi. Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berswafoto./ANTARA-Rahmad)

Bisnis.com, KUPANG - Kupang (ANTARA) - Pemangkasan eselon di lingkungan birokrasi pemerintahan akan berdampak pada masa depan karir aparatur sipil negara atau ASN.

Demikian dikatakan pengamat dari Universitas Muhammadiyah Kupang Ahmad Atang, Minggu (3/11/2019).

"Bagi saya, ide tentang ini di birokrasi pemerintahan justru akan mematikan jenjang karir dan membunuh masa depan ASN," kata Atang, di Kupang.

Atang mengemukakan hal itu berkaitan masalah pemangkasan eselon ASN, dan bagaimana mengelola agar birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik dapat menjadi ramping dan tidak merugikan publik.

Pemerintah akan menghapus eselon III dan IV sehingga dalam struktur birokrasi hanya ada eselon II saja.

"Jika demikian halnya, maka pertanyaannya adalah jenjang karir seperti apa seseorang dapat menduduki jabatan eselon II?" ujar Atang.

Menurut Atang pola rekrutmen jabatan tinggi pratama atau eselon II adalah mereka yang menduduki jabatan pada eselon III sebagai syarat. Jika eselon III dihapus maka jenjang karir eselon II menjadi rancu karena dalam birokrasi mesti ada kepala yang melaksanakan tugas manajerial.

Selain itu, ada eselon III dan IV untuk melaksanakan tugas teknis sesuai bidang dan ada staf.

Jika semua menjadi staf maka pola koordinasi berjenjang menjadi stagnan, dan secara struktural tidak ada hubungan kedinasan, hubungan kooordinasi dan hubungan fungsional.

Karena itu, wacana soal perampingan masti dikaji lebih bijaksana karena tidak semua instansi pemerintah terhambat pelayanan dengan kondisi sekarang.

Ia mengatakan justru dengan perampingan akan mengaburkan rentang tugas dalam suatu lembaga pemerintah.

Atang juga mempertanyakan apakah sistem kepangkatan yang dimiliki ASN hanya berlaku untuk sistem penggajian saja atau juga untuk sistem karir.

Padahal, aparatur sipil negara (ASN) tidak bekerja untuk mendapatkan upah semata-mata, akan tetapi mereka juga bekerja untuk mengejar karir.

"Bahwa ada yang belum tentu sampai ke eselon II, namun dengan penghargaan karir pada eselon III dan IV akan memberikan kepuasan bagi ASN atas capaian jenjang karir tersebut ketika pensiun," katanya.

Jika eselon III dan IV dihapus maka akan membentuk stigma jika posisi ASN akan berakhir menjadi staf. Jika itu yang terjadi maka negara telah membunuh masa depan ASN, kata Atang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper