Jokowi : Pembangunan Hunian Tetap di Palu Mulai 2020

Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan hunian tetap (huntap) di Palu, Sulawesi Tengah akan dimulai pada 2020.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 29 Oktober 2019  |  21:07 WIB
Jokowi : Pembangunan Hunian Tetap di Palu Mulai 2020
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau pembangunan hunian tetap bagi korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi yang dibangun di Kelurahan Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/10/2019). - ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan hunian tetap (huntap) di Palu, Sulawesi Tengah akan dimulai pada 2020.

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi seusai meninjau lokasi hunian tetap korban gempa Sulawesi Tengah di Duyu, Kecamatan Tatanga, Palu.

“Ini segera dimulai, [di Kabupaten] Sigi yang 500 [unit] juga segera dimulai tapi nanti akan berjalan secara paralel di Januari 2020. Kita harapkan mulai pertengahan sampai akhir tahun bisa diselesaikan semuanya,” katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis di laman Sekretariat Kabinet, Selasa (29/10/2019).

Presiden menyatakan perkembangan pembangunan hunian tetap agak lambat karena masalah yang berkaitan dengan pembebasan lahan. Kendati demikian, Jokowi menyatakan masalah lahan telah selesai setelah dirinya berbicara dengan kepala daerah seperti gubernur dan bupati.

“Yang sekarang sedang dalam proses dikerjakan adalah memang proses lelang. Dan di sini selesai, kemudian nanti di Sigi juga akan segera diselesaikan, barulah masukkan ke tahapan konstruksi,” katanya.

Selain pembangunan hunian tetap, pemerintah juga memperbaiki landas pacu bandar udara serta pelabuhan. Jokowi mengatakan proses perbaikan infrastruktur transportasi itu sedang dalam proses lelang.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,4 SR dan tsunami terjadi di Palu, Sulawesi Tengah pada September 2018.

Gempa itu meluluhlantakkan sebagian wilayah Palu dan menewaskan ribuan orang. Pada saat ini, pemerintah sedang berusaha merehabilitasi aneka bangunan yang hancur akibat gempa bumi tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gempa Palu

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top