Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKKBN Gelar Sosialisasi Kesehatan dan Pemahaman Ideologi Pancasila di Bali

BKKBN menggelar sosialisasi kesehatan kepada ratusan kader untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit HIV/AIDS di lingkungan keluarga di Bali.

Bisnis.com, DENPASAR — BKKBN menggelar sosialisasi kesehatan kepada ratusan kader untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit HIV/AIDS di lingkungan keluarga di Bali.

Kegiatan yang dihadiri oleh semua unsur kader badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN), PKK dan stakeholder terkait seperti pekerja migran indonesia (PMI) juga disertai sosialisasi pemahaman pentingnya ideologi pancasila yang bekerjasama sama dengan badan pembinaan ideologi pancasila (BPIP).

M. Yani , Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN, mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan Keluarga (KKBPK). Yang mana salah satu tugas pokoknya memberikan pemahaman ideologi pancasila untuk menghindari terjadinya perilaku hidup yang menyimpang.

"Jika suatu keluarga tidak dibekali oleh pemahaman budi luhur (ideologi pancasila) yang baik, maka bukan tidak mungkin akan berdampak buruk bagi kehidupan keluarga itu sendiri. Misalnya perilaku sex bebas yang pada akhirnya menimbulkan penyakit HIV/AIDS. Oleh sebab itu kegiatan ini sudah seharusnya digelar," ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi yang digelar di Denpasar, Sabtu, (26/10/2019).

Kegiatan sosialisasi ini juga dilangsungkan diskusi publik yang menghadirkan beberapa narasumber termasuk salah satu anggota DPR RI dari partai PDIP Rieke Diah Pitaloka.

Menurutnya, kegiatan yang digelar kedua kalinya (setelah sebelumnya juga digelar kegiatan serupa di Kalimantan barat) ini pada akhirnya akan bertujuan untuk meningkatkan kualitas ketahanan keluarga yang berpedoman pada nilai-nilai pancasila.

"Kegiatan hari ini pada intinya membahas tentang ketahanan keluarga, dimana anggota keluarga harus berperan untuk menciptakan suasana keluarga yang nyaman, tentram," tegasnya.

Pencegahan terjangkit penyakit HIV/AIDS serta pemahaman nilai-nilai Pancasila ini merupakan dua hal yang sama-sama penting. Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman bagi para buruh migran yang rentan terhadap penyakit HIV/AIDS.

Anggota DPR RI dari partai PDIP Rieke Diah Pitaloka menjelaskan, ideologi pancasila diharapkan tidak hanya sekedar menjadi slogan biasa. Akan tetapi benar-benar dihayati sehingga menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan bersama keluarga.

Dengan begitu, kata mantan artis kawakan ini, dampak buruk yang tidak mencerminkan kehidupan berbangsa dan bernegara bisa diminimalisir.

"Kegiatan ini sangat bagus digelar. Apalagi kader BKKBN ini bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sultan Anshori
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper