Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Calon Menteri, Jokowi juga Panggil Pimpinan DPR untuk Konsultasi

Selain calon menteri, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga memanggil pimpinan DPR untuk berkonsulasi dalam penyusunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.
Ketua DPR RI Puan Maharani/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Ketua DPR RI Puan Maharani/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA – Selain calon menteri, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga memanggil pimpinan DPR untuk berkonsulasi dalam penyusunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Susunan kabinet di periode kedua pemerintahan Joko Widodo akan ada perubahan kementerian baik itu dilebur atau ditambah. Beberapa calon menteri juga dipanggil hari ini di Istana Negara.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan DPR juga diundang presiden.

“Diundang presiden kepada pimpinan DPR sekarang untuk rapat konsultasi. Apa yang dibicarakan belum tahu. Apa hasilnya juga saya belum,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Puan menjelaskan bahwa pada 2014 saat menjabat di periode pertama, Jokowi meminta pertimbangan kepada legislatif karena ada perubahan kementerian.

“Saya juga mendengar bahwa ada perubahan nomenklatur di tahun 2019 ini. Namun terkait kementerian mana dan apa yang dilebur saya kan belum datang ke sana. Jadi belum tahu,” jelasnya.

Puan menuturkan bahwa nomenklatur kementerian tentu akan berdampak baik dari komisi di DPR itu sendiri sampai organisasi dan alokasi anggaran.

Akan tetapi ini tidak akan mengubah jumlah komisi. Sebelumnya DPR telah menetapkan ada 11. Pembidangan hingga ketuanya akan diputuskan dalam rapat paripurna.

“Semoga menteri yang dipilih oleh Jokowi di periode kedua ini adalah menteri-menteri yang punya kapabilitas dan kapasitas dan bisa beda sinergi dengan DPR. Karena sesuai dengan tupoksi masing-masing apapun kementrian itu harus menyampaikan program-program di DPR. Jadi kita harap orang-orang yang akan dipilih adalah orang-orang yang bisa sinergi dengan DPR,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper