Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Mewahnya Mobil Mercedes-Benz yang Digunakan untuk Pelantikan Presiden

Kendaraan yang disiapkan yakni 11 unit mobil Mercedes-Benz model S-Class dan 6 unit model E-Class terbaru.
Sejumlah mobil Mercedes Benz untuk para tamu negara diparkir di Komples Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10/2019)./Bisnis-Amanda Kusumawardhani
Sejumlah mobil Mercedes Benz untuk para tamu negara diparkir di Komples Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10/2019)./Bisnis-Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu (20/10/2019), para tamu negara akan menggunakan kendaraan khusus yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Kendaraan yang disiapkan yakni 11 unit mobil Mercedes-Benz model S-Class dan 6 unit model E-Class terbaru. Hal ini merupakan kerja sama antara Mercedes-Bens dengan  Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

"PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia memberikan dukungan untuk menyukseskan acara pelantikan Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019,” kata President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun dalam keterangan resminya, seperti dilansir Tempo, Sabtu (19/10).

Dia menerangkan tipe S-Class dan E-Class menawarkan kenyamanan dan aspek keselamatan dengan standar tinggi bagi para tamu negara, yang mencakup para pimpinan dan perwakilan negara sahabat.

“Selain penyediaan fasilitas kendaraan, kami juga memberikan pelatihan bagi semua pengemudi yang terlibat untuk pengoperasian kendaraan Mercedes-Benz dan selain itu kami juga menyediakan tenaga teknisi siaga 24 jam yang stand by di lokasi acara untuk memastikan bahwa semua kendaraan dalam kondisi prima,” papar Choi.

Seri S-Class, yang memiliki enam varian bodi, disebut menjadi pilihan sejumlah pemimpin negara dan menjadi model andalan Mercedes-Bens, yang merupakan sedan mewah terlaris di dunia. Sejak 2013, seri ini sudah terjual lebih dari 300.000 unit. 

S-Class memiliki sejumlah fitur premium, salah satunya yakni tiga penerangan cahaya yang khas sebagai elemen desain eksklusif. Bumper depan dengan pipa udara yang menonjol juga meningkatkan tampilan kendaraan yang dinamis.

Pada 2013, seri ini tercatat menjadi mobil pertama yang menggunakan LED secara eksklusif sebagai sumber cahaya. Kini, Intelligent Light System tersedia dengan lampu depan Multibeam LED dan lampu utama Ultra Range, yang disebut menghasilkan intensitas cahaya maksimum dengan jarak lebih dari 650 meter.

Sistem ini juga mencakup Adaptive High-Beam Assist Plus. Fitur ini memungkinkan pengemudi menyetir dengan lampu utama yang diaktifkan secara permanen tanpa menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Di bagian interior, seri S-Class memiliki dua layar beresolusi tinggi terbaru, dengan layar diagonal yang masing-masing berukuran 12,3 inci. Secara visual, kedua layar yang berada di bawah satu penutup kaca menyatu menjadi kokpit layar lebar dan sebagai elemen sentral memberikan penekanan pada orientasi horizontal dari desain interior kendaraan.

Karena kokpit kendaraan sepenuhnya digital, maka pengemudi dapat memilih 1 dari 3 gaya tampilan layar yang berbeda (Classic, Sporty, dan Progressive) serta melakukan konfigurasi informasi dan pandangan yang relevan setiap saat.

Bagian interiornya juga menggunakan kayu warna coklat dengan pori terbuka Designo serta pelapis kulit Nappa.

Sementara itu, pencahayaan interior hanya menggunakan teknologi LED hemat energi yang tahan lama. Dengan 64 warna, lampu suasana yang dapat diperpanjang menawarkan berbagai pengaturan invidual.

Adapun sound system-nya mengandalkan Burmester® High-End 3D Surround Sound System. 

Di sisi mesin, Mercedes-Benz S 450 L hadir dengan mesin V-6 yang menghasilkan 270 kW (367hp) dan 500 Nm. Mesin biturbo memberikan tenaganya secara ekonomis dan lancar dan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Transmisi 9G-TRONIC yang baru dengan sembilan kecepatan menawarkan kecepatan yang luar biasa dan pergantian gigi sangat halus.

Sementara itu, seri E 300 SportStyle Avantgarde yang juga disiapkan untuk tamu negara tercatat mampu menghasilkan 258 hp (190 kW) dan 370 Nm torsi yang terhubung dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC. Dengan tampilan SportStyle Avantgarde, E 300 mudah dikenali dari grille dengan 2 louvres hitam mengkilap, elemen trim chrome di bumper depan, serta badge SportStyle.

Interiornya lebih sporty dengan lapisan jok kulit pada tempat duduk, trim aluminium serat karbon ringan, konsol tengah berupa ash wood hitam dengan open-pore finishing, roof liner berbahan kain hitam, door pin chrome dan pedal stainless steel sporty dengan rubber studs.

Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan kontrol suhu otomatis THERMOTRONIC 3-zone dan sistem tata suara surround yang mengesankan dari Burmester® dengan total power 590 watt.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper