Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Jokowi-JK 'Berkokok' di Depan Para Menteri

Presiden Joko Widodo menggelar acara perpisahan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan para menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019) pada akhir masa pemerintahan 2014-2019.
Presiden Joko Widodo seusai perpisahan dengan para menteri kabinet kerja di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019)/Bisnis-Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo seusai perpisahan dengan para menteri kabinet kerja di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019)/Bisnis-Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar acara perpisahan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan para menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019) pada akhir masa pemerintahan 2014-2019.

Dalam acara itu, ada satu momen menarik yaitu ketika Jokowi dan JK menirukan suara ayam atau berkokok. Cerita bermula ketika penyanyi campursari Endah Laras dan gitaris Jubing Kristanto sedang mengisi acara di Istana Negara, Jakarta, dipandu oleh Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit yang menjadi pembawa acara.

Ketika sedang bernyanyi diiringi Jubing, Endah kemudian menghampiri JK. Pada saat itu, Endah mengajak JK untuk menirukan suara ayam karena dia sedang menyanyikan lagu campursari berjudul Jagone Kluruk. "Wis wayah isuk jagone kluruk...," kata Endah kepada JK.

Setelah itu, JK yang merupakan orang Makassar menjawab dengan kata-kata: "uk-ukkkkkkkk". Respon JK itu disambut tawa oleh para hadirin yang sebagian besar merupakan para menteri Kabinet Kerja, staf khusus presiden dan utusan presiden.

Tidak hanya JK, Jokowi juga dihampiri oleh Endah Laras. Sebelum menghampiri Jokowi, Endah meminta izin kepada Iriana, istri Jokowi, dengan berkata "nuwun sewu, Ibu." Iriana kemudian menganggukkan kepala.

Sama seperti JK, Jokowi juga diajak untuk menirukan suara ayam berkokok. "Wis wayah isuk jagone kluruk...," kata Endah kepada Jokowi. Beberapa detik setelah itu, Jokowi langsung merespon dengan jawaban. "Kukkuruyukkkk...." Hadirin pun tertawa.

Momen ini mengingatkan kepada momen pada Februari 2014. Berdasarkan sejumlah pemberitaan media massa, Jokowi saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi datang ke acara Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) dimana Sukardi Rinakit adalah salah satu peneliti SSS.

Pada saat itu, menurut berita Tempo.co pada 12 Februari 2014, penyanyi Endah Laras juga membawakan lagu Jago Kluruk. Sosok ayam jago dianalogikan oleh Sukardi sebagai pemimpin Jakarta yang selalu bangun pertama dan memimpin masyarakatnya. Ayam jago atau ayam jantan itu pagi-pagi berkokok.

Sama seperti yang terjadi pada 18 Oktober 2019, Endah juga mengajak Jokowi menimpali lagu bait lagu "Ing wayah esuk, jagone kluruk..." pada 12 Februari 2014. Jokowi pun menimpali dengan menirukan suara ayam berkokok, "Kukuruyuk." Lagu yang sama dinyanyikan oleh tokoh yang sama di waktu yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper