Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inikah Pertanda Aktivis 1998 Adian Naiputupulu Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu, ke Istana Negara pada Kamis (17/10/2019).
Politisi PDIP Adian Napitupulu/Instagram
Politisi PDIP Adian Napitupulu/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu, ke Istana Negara pada Kamis (17/10/2019).

Pertemuan dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini berlangsung tertutup.

Tempo mencoba menghubungi Adian untuk meminta konfirmasi namun belum mendapat jawaban. Asisten Adian, Musyafaur Rahman, membenarkan adanya pertemuan tersebut.

"Numpang ngopi," katanya lewat pesan singkat, Kamis (17/10/2019).

Jokowi pernah memanggil Adian ke Istana pada 13 Agustus 2019. Nama Adian santer diisukan bakal menjadi salah satu menteri di Kabinet Jokowi Jilid II.

Jokowi sempat hadir dalam acara yang dibuat Adian, yakni Halal Bihalal bersama aktivis '98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Minggu (16/6/2019). Saat itu ia memberi sinyal bahwa para aktivis 1998 memiliki potensi untuk menjadi menteri di kabinet mendatang.

Jokowi mengatakan dirinya banyak mendengar tentang aktivis '98 yang menjadi kepala daerah ataupun anggota parlemen, tapi belum ada pelopor reformasi itu yang menjadi menteri di kabinet.

"Saya mendengar banyak aktivis '98 yang menjadi anggota DPR, kepala daerah, saya lihat di menteri belum. Bisa saja kenapa tidak, dengan kemampuan yang ada, bisa saja," ujar Jokowi waktu itu.

Ketika Jokowi berkata demikian, sontak nama politikus PDIP Adian Napitupulu didengung-dengungkan oleh para aktivis '98 yang hadir dalam acara itu.

"Adian, Adian," ujar mereka bersorak.

Mendengar sorakan tersebut, Jokowi langsung merespon bahwa dirinya enggan membocorkan nama aktivis '98 yang dinilai cocok menjadi menteri di kabinet mendatang.

"Saya tidak mau menyebut nama dulu, tadi ada yang bilang Bung Adian Napitupulu, Bung Adian, inisial pun saya enggak mau (sebut)," ujar Jokowi.

Jokowi rencananya akan mengumumkan kabinet kerja jilid II pada 20 Oktober atau sehari setelah pelantikan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper