Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Dubes RI untuk Italia dan Wartawan Senior Kompas August Parengkuan Meninggal

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Italia sekaligus mantan wartawan senior Harian Kompas August Parengkuan meninggal dunia pada usia 76 tahun, Kamis (17/10/2019) sekitar pukul 05.50 WIB.
Mantan Dubes Indonesia untuk Italia August Parengkuan (nomor 3 dari kanan)  berfoto bersama mantan Menteri Keuangan Chatib Basri (nomor 2 dari kanan)./Twitter
Mantan Dubes Indonesia untuk Italia August Parengkuan (nomor 3 dari kanan) berfoto bersama mantan Menteri Keuangan Chatib Basri (nomor 2 dari kanan)./Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Italia sekaligus mantan wartawan senior Harian Kompas August Parengkuan meninggal dunia pada usia 76 tahun,  Kamis  (17/10/2019) sekitar pukul 05.50 WIB.

Belum diketahui penyebab August meninggal. Rencananya jenazah akan disemayamkan di RSPAD. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa jenazah disemayamkan di rumah duka di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kabar meninggalnya August disampaikan oleh sejumlah tokoh. Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menyampaikan kabar serupa .elalui akun twitternya dia menyampaikan kabar duka tersebut.

"RIP Mas August Parengkuan. Duka cita yang sedalam dalamnya. Kehilangan besar buat kita semua. Selamat jalan Mas," kicaunya, Kamis (17/10/2019).

Budayawan sekaligus mantan wartawan senior Tempo Goenawan Mohamad ikut menyampaikan kabar duka di media sosial miliknya.

"August Parengkuan, sahabat, beristirahatlah dalalm damai. Setelah Tides, anda menyusul. Saya ingat sajak Subagio Sastrowardojo: Dan kematian makin akrab,seakan kawan berkelakar. Yang mengajak tertawa-itu bahasa semesta yang dimengerti," tweetnya.

August memulai karir sebagai wartawan pada 1965 di Kompas. Karirnya perlahan menanjak mulai dari Redaktur (1981), Wakil Redaktur Pelaksana (1989), Redaktur Pelaksana (1990), Wakil Pemimpin Redaksi Kompas (1992), hingga menjadi Wakil Presiden Senior KKG pada 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper