Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Simpson Grierson : Selandia Baru Masih Menarik dan Prospektif Bagi Investor Asing

Meski secara geografis terisolasi dari pusat-pusat modal utama, Selandia Baru masih menjadi pasar yang menarik dan prospektif bagi perusahaan global dan perusahaan-perusahaan equitas swasta untuk berinvestasi.
Danau Wakatipu di Queensland, Selandia Baru/Arif Budisusilo-Bisnis
Danau Wakatipu di Queensland, Selandia Baru/Arif Budisusilo-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Meski secara geografis terisolasi dari pusat-pusat modal utama, Selandia Baru masih menjadi pasar yang menarik dan prospektif bagi perusahaan global dan perusahaan-perusahaan equitas swasta untuk berinvestasi.

Dalam penelitian baru-baru ini terhadap 80 investor asing, 77 persen mengatakan mereka berencana untuk berinvestasi di Selandia Baru dalam 3 tahun ke depan. Para investor ini sebelumnya telah menyelesaikan transaksi di negara ini dan ingin memperluas posisi mereka saat ini atau tumbuh menjadi segmen pasar baru.

Demikian juga, 86 persen responden mengharapkan aktivitas merger dan akuisisi (M&A) di Selandia Baru meningkat di tahun mendatang.

Hal tersebut merupakan beberapa temuan utama dalam penelitian yang dilakukan firma hukum terkemuka Selandia Baru Simpson Grierson dan penyedia intelijen M&A Mergermarket dalam laporan Expanding horizons: The offshore perspective on investment into New Zealand.

Laporan tersebut mengeksplorasi peluang pasar saat ini bagi investor asing dan berbagai kelebihan Selandia Baru yang membedakannya dari pasar pertumbuhan tinggi lainnya di Asia yang tengah berkembang.

Dari penelitian ini terungkap beberapa kelebihan utama yang menjadi daya tarik Selandia Baru antara lain stabilitas politik/aturan (menurut 50 persen responden), peluang teknologi/IP yang berlimpah (45 persen), dan valuasi/return (44 persen).

Andrew Matthews, Corporate partner Simpson Grierson, mengatakan temuan laporan itu mengandung banyak alasan bagi Selandia Baru untuk mengharapkan lebih banyak inbound investment pada 2020 dan seterusnya.

“Fitur negara kami yang paling menarik lingkungan politik yang sehat dan stabil, serta sistem hukum yang dipadukan dengan peluang pasar dewasa yang berlimpah dan berkembang, memposisikan kami untuk melihat lebih jauh, dan investasi masuk yang berpotensi diperbarui dalam jangka waktu dekat-menengah, meskipun ada penurunan aktivitas dalam semester I 2019, ”kata Matthews melalui rilis yang diterima Kamis (17/10/2019).

Berdasarkan pengalaman yang sangat positif dalam investasi sebelumnya, 61 persen responden mengatakan akan kembali menanamkan modal di Selandia Baru.

Investasi asing dan aksi merger dan akuisisi (M&A) oleh investor asing (inbound) telah memainkan peran penting di Selandia Baru. Sejak 2013, kesepakatan M&A mencapai US$27,3 miliar (melalui 350 penawaran). Pada 2018, nilai transaksi inbound M&A mencapai 94 persen. Lalu pada semester I/2019, nilai transaksi mencapai 96 persen. Volume transaksi inbound secara historis menyumbang 55 persen dari total M&A.

Sebanyak 87 persen responden mengatakan perusahaan asing memimpin sebagai investor di pasar M&A secara keseluruhan. Menurut 66 persen responden, perusahaan ekuitas swasta asing dan modal ventura (PE / VC) juga akan menemukan peluang kesepakatan.

“Penelitian menunjukkan bahwa minat positif di pasar Selandia Baru termasuk pembeli luar negeri dan perusahaan dana ekuitas swasta global, karena kondisi pasar lokal memungkinkan setiap jenis pembeli untuk menghasilkan pengembalian investasi mereka yang solid dan dapat diandalkan,” kata Matthews.

"Peluang-peluang ini terus ditemukan di industri barang-barang konsumen dan teknologi Selandia Baru, dipimpin oleh industri susu terkemuka Selandia Baru dan startup teknologi yang dinamis dan terus berkembang."

Investor melihat peluang terbanyak di konsumen Selandia Baru yang dinamis (peringkat sektor teratas oleh 64 persen responden) dan industri teknologi (63 persen).

Industri konsumen Selandia Baru, termasuk bisnis yang terkait dengan makanan (seperti produk susu) dan operator ritel, telah melihat peningkatan yang nyata dalam minat asing. Sejak 2016, total nilai melonjak dari US$147 juta menjadi US$2,5 miliar pada 2018 dengan volume transaksi meningkat secara bertahap. Sektor ini menyumbang 22 persen dari nilai kesepakatan yang masuk (US$5,6 miliar) dan 19 persen dari volume (64 kesepakatan) sejak 2013.

Sektor media dan telekomunikasi (TMT) telah menjadi kekuatan dominan di pasar M&A Selandia Baru, yang mencerminkan tren global. Dua tahun terakhir telah menghasilkan banyak kesepakatan, dengan TMT naik menjadi sektor teratas dalam hal nilai (US$1 miliar) di semester I/2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper