Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demo Mahasiswa, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Seputaran Istana

Polisi kembali melakukan rekayasa lalu lintas di seputar area Istana Presiden sebagai imbas dari penutupan beberapa ruas jalan sebagai antisipasi aksi mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia.
Kamera pengawas tertutup terpasang di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Foto diambil oleh  Antara pada hari Senin 1 Juli 2019./Antara-Nova Wahyudi
Kamera pengawas tertutup terpasang di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Foto diambil oleh Antara pada hari Senin 1 Juli 2019./Antara-Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi kembali melakukan rekayasa lalu lintas di seputar area Istana Presiden sebagai imbas dari penutupan beberapa ruas jalan sebagai antisipasi aksi mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia, Kamis (17/10/2019) siang.

Kasubdit Bin Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir menyatakan arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat dari arah selatan dan utara ditutup. Arus diarahkan menuju Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Medan Merdeka Selatan. Selanjutnya akses Jalan Majapahit ditutup dan arus diarahkan ke Jalan Hayam Wuruk.

Menurutnya, pengguna kendaraan dari Jalan Veteran dapat melewati Jalan Suryopranoto. Masyarakat dapat melanjutkan perjalanan melewati Jalan Ir Haji Juanda.

Selain itu, akses Jalan Medan Merdeka Utara turut ditutup sehingga dialihkan ke Jalan Perwira. Akses Jalan Veteran 1, Veteran 2 dan Veteran 3 juga ditutup. Pengguna jalan dapat melalui Jalan Veteran menuju Jalan Suryopranoto, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Ir Haji Juanda.

Sama seperti penutupan jalan di area MPR/DPR, polisi menggunakan water barrier dan kawat berduri dalam penutupan jalan ini.

Penutupan jalan di kawasan Istana Presiden yaitu Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara dan Jalan Majapahit mulai berlangsung sejak pukul 11.00 WIB. Selain penutupan jalan, polisi juga menurunkan 195 personel lalu lintas untuk pengamanan aksi ini.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia telah mengumumkan akan melakukan aksi menuju Istana Presiden menuntut Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu terkait UU KPK yang disahkan pada September 2019.

Mereka dijadwalkan memulai aksi pada pukul 13.00 WIB dengan titik kumpul Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau tepatnya di Jalan Merdeka Barat.

Massa yang hadir dalam aksi ini berasal dari seluruh mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM SI se-Jabodetabek dan Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper