Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edhy Prabowo Mungkin jadi Menteri dari Gerindra, Sandiaga Uno & Fadli Zon Menolak

Keputusan Partai Gerindra apakah akan bergabung dengan pemerintah atau tidak tergantung pada sikap Presiden Joko Widodo. Dikabarkan ada jatah menteri untuk Gerindra.
Dahnil Anzar Simanjuntak/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Dahnil Anzar Simanjuntak/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA — Keputusan Partai Gerindra apakah akan bergabung dengan pemerintah atau tidak tergantung pada sikap Presiden Joko Widodo. Dikabarkan ada jatah menteri untuk Gerindra. 

Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada tawaran langsung dari Jokowi. Akan tetapi partai memiliki banyak kandidat.

“Nama Edhy Prabowo mungkin [diajukan menteri dari Gerindra]. Sandiaga [Uno] menolak terkait dengan itu. Beliau tetap berada di luar pemerintahan. Fadli [Zon] juga demikian,” katanya di di Padepokan Garuda Yaksa, Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).

Dahnil menjelaskan bahwa Prabowo telah menyampaikan tiga sikap politik di hadapan kader pada rapat pimpinan nasional dan apel.

“Pertama, Prabowo sudah menyerahkan konsepsi terkait dorongan besar ekonomi Indonesia [ke Jokowi] dengan semangat ketahanan pangan, energi, pertahanan, dan keamanan yang kuat,” jelasnya.

Berangkat dari konsep tersebut, Prabowo mempersilakan apabila ingin digunakan Jokowi dan pemerintah dalam lima tahun ke depan. Apabila ditolak, Gerindra siap bekerja sama demi keberlangsungan bersama. 

“Yang ketiga, Prabowo memutuskan untuk tetap menjaga kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara bersilaturahmi dan berkomunikasi untuk musyawarah mufakat bagi kepentingan bangsa dan negara,” ucap Dahnil. 

Konsep ketahanan pangan, energi, pertahanan, dan keamanan ini tambah Dahnil sudah diserahkan sebulan lalu sebelum pertemuan Prabowo dan Jokowi. 

Sikap ini belum menentukan menyimpulkan Gerindra apakah akan menjadi koalisi atau oposisi. Semuanya menunggu keputusan Jokowi.

“Kami persilahkan apabila Jokowi dan pemerintah lima tahun ke depan membutuhkan dan bersesuaian dengan konsepsi Gerindra. Tentu Gerindra dengan kesanggupannya kita akan bekerja,” ucap Dahnil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper