Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singgung Peta Laut China Selatan, Film Abominable Tak Boleh Beredar di Vietnam

Vietnam telah menarik film animasi DreamWorks "Abominable" dari bioskop karena sebuah adegan menampilkan peta yang menunjukkan "nine-dash line" Laut China Selatan sesuai klaim China atas perairan tersebut.
Pengguna jalan melewati ruang kosong tempat poster promosi untuk film DreamWorks Abominable terpampang sebelum diturunkan di sebuah bioskop di Hanoi, Vietnam, 14 Oktober 2019./Reuters
Pengguna jalan melewati ruang kosong tempat poster promosi untuk film DreamWorks Abominable terpampang sebelum diturunkan di sebuah bioskop di Hanoi, Vietnam, 14 Oktober 2019./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Vietnam telah menarik film animasi DreamWorks "Abominable" dari bioskop karena sebuah adegan menampilkan peta yang menunjukkan "nine-dash line" Laut China Selatan sesuai klaim China atas perairan tersebut.

Garis berbentuk U tersebut adalah fitur yang digunakan pada peta China untuk menggambarkan klaimnya atas bentangan luas Laut China Selatan yang kaya sumber daya. Kawasan itu juga termasuk petak besar yang oleh Vietnam dianggap sebagai landas kontinennya, tempat negara itu memberikan konsesi minyak.

Pekan lalu, jaringan olahraga ESPN menghadapi kritik atas liputannya tentang pertikaian antara National Basketball Association (NBA) dan China setelah menggunakan peta yang menampilkan garis itu.

China dan Vietnam terlibat dalam konflik sejak Negeri Tirai Bambu itu mengirim kapal untuk melakukan survei energi di perairan yang dikuasai Vietnam pada awal Juli 2019.

"Kami akan mencabut (lisensi film)," ujar Ta Quang Dong, wakil menteri budaya, olahraga dan pariwisata Vietnam, dilansir Reuters, Selasa (15/10/2019).

Kementerian bertanggung jawab atas lisensi dan sensor film-film asing.

"Abominable" sebenarnya bercerita tentang seorang gadis China yang menemukan yeti atau manusia salju, yang tinggal di atapnya.

Film ini diproduksi bersama oleh Pearl Studio yang berbasis di Shanghai dan DreamWorks Animation yang dimiliki Comcast dan pertama kali ditampilkan di bioskop Vietnam pada 4 Oktober 2019.

Film yang dipasarkan di Vietnam dengan nama "Everest: The Little Yeti" dihapus dari bioskop pada Minggu, 13 Oktober 2019 setelah gambar adegan dengan peta yang menyinggung itu dibagikan secara luas di media sosial.

Seorang juru bicara CJ CGV Vietnam, rantai bioskop terbesar Vietnam dan unit CJ CGV Korea Selatan, menolak berkomentar.

Seorang resepsionis di National Cinema Center yang dikelola pemerintah di Hanoi mengatakan, kementerian kebudayaan telah mengeluarkan perintah yang mengharuskan semua bioskop berhenti menayangkan film itu karena adegan peta.

Telepon kepada Nguyen Thu Ha, kepala departemen sinema kebudayaan, tidak dijawab pada hari Senin. Kementerian Luar Negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Di Pusat Sinema Nasional di Hanoi, para pekerja terlihat menurunkan poster film tersebut pada Senin malam.

"Saya berencana menonton film ini tetapi setelah mendengar tentang masalah kedaulatan maritim itu, saya pikir saya tidak boleh melakukannya," kata mahasiswa dan penggemar film yang berpusat di Hanoi Phan Thi Nhi Ha.

Vietnam telah berulang kali menuduh kapal dan pasukan China melanggar kedaulatannya dan telah menuntut agar Tiongkok memindahkan kapal-kapalnya dari daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper