Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Buka Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara

Pemerintah melibatkan aspirasi masyarakat dengan membuka sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara baru yang ditunjuk di Kalimantan Timur
Laman resmi sayembara desain ibu kota negara
Laman resmi sayembara desain ibu kota negara

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pemerintah melibatkan aspirasi masyarakat dengan membuka sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara baru yang ditunjuk di Kalimantan Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa konsep pembangunan ibu kota negara baru meminimalisasi intervensi terhadap alam terutama hutan serta mengintegrasikan ruang hijau serta biru.

“Silakan bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam merencanakan desain ibu kota baru bisa membuka https://sayembaraikn.pu.go.id/,” katanya dalam Dialog Nasional Perencanaan dan Rancangan Ibu Kota Negara, Rabu (2/10).

Dalam laman tersebut dikatakan bahwa desain harus memenuhi tiga kriteria umum, yakni mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi, dan mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Pendaftaran sayembara mulai dibuka pada 3 Oktober 2019 hingga 18 Oktober 2019. Adapun, pengumuman pemenang akan dilakukan pada 23 Desember 2019.

Peserta sayembara dapat mengatasnamakan perseorangan atau kelompok yang berjumlah maksimum 10 (sepuluh) orang, dengan peserta perseorangan, dan ketua kelompok bagi kelompok, harus WNI, yang memiliki SKA Madya arsitektur atau perencanaan kota yang masih berlaku.

Tim juri melibatkan 13 orang termasuk di dalamnya pemahat patung Nyoman Nuarta, Ridwan Kamil dan perwakilan dari Kalimantan Timur, yakni Rektor Universitas Mulawarman Masjaya. Adapun Ketua Tim Juri adalah Imam Santoso Ernawi yang juga Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN. Pemerintah menyiapkan apresiasi dengan total senilai Rp5 miliar yang dibagi untuk seluruh pemenang.

“Pemenang I mendapatkan Rp2 miliar, Pemenang II mendapat Rp1,25 miliar, Pemenang III mendapat Rp1 miliar dan pemenang Harapan I dan II masing-masing Rp500 juta dan Rp250 juta,” terangnya.

Konsep dari para pemenang sayembara tingkat nasional akan menjadi bagian dari kerangka acuan untuk sayembara taraf internasional pada 1 Januari-31 Maret 2020. Hasilnya akan dilakukan pengayaan rancangan kota hasil sayembara nasional oleh ahli internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper