Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lobi Megawati, Fadel Tak Gentar Bersaing dengan Bamsoet Berebut Kursi Pimpinan MPR

Senator asal Gorontalo Fadel Muhammad menyatakan siap bertarung menduduki kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024 usai terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur DPD RI.
Fadel Muhammad/Antara
Fadel Muhammad/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Senator asal Gorontalo Fadel Muhammad menyatakan siap bertarung menduduki kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024 usai terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur DPD RI.

Fadel mengaku sudah menjadwalkan pertemuan dengan sejumlah partai politik untuk melakukan lobi-lobi, pagi ini, Kamis (3/10/2019).

Dia juga akan melobi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk meminta dukungan, partai berlambang banteng itu sudah menyatakan dukungan secara terbuka kepada calon dari Golkar, Bambang Soesatyo.

"Saya kenal baik dengan Ibu Mega sejak saya menjadi gubernur, menteri, saya dekat dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan Ibu Mega selaku pimpinan partai pemenang," ujar Fadel di Kompleks Parlemen, Senayan pada Rabu (2/10/2019) malam.

Politikus senior Golkar ini juga menyatakan tak gentar jika harus berhadapan dengan Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang berasal dari partai yang sama. Untuk saat ini, Bamsoet adalah calon kuat Ketua MPR yang didukung sejumlah  fraksi.

Fadel ingin membuat sejarah Ketua MPR RI dari unsur DPD. Dia mengatakan, ada beberapa alasan pimpinan MPR dari unsur DPD layak menjadi Ketua MPR. Salah satunya, dari sisi jumlah, DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan partai-partai yang lain, yaitu 136 orang anggota.

Para anggota DPD juga meminta dia berjuang menduduki kursi Ketua MPR untuk melancarkan kerja sama antara DPD dan MPR.

"Mereka (anggota DPD) meminta, kalau bisa dana transfer ke daerah juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan urusan teman-teman di DPD untuk penguatan daerah," ujar Fadel Muhammad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper