Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerusuhan Wamena Usai, 800 Perantau Minang Pulang ke Padang

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengatakan, proses pemulangan akan dibantu oleh Ikatan Keluarga Minang di Papua bersama dengan TNI, menggunakan kapal milik Pelni.
Aparat kemanan bersiaga di ruas jalan Abepura-Padang Bulan di depan Kampus Universitas Cendrawaih  Kota Jayapura, Papua, Senin  23 September 2019./Antara-Alfian Rumagit
Aparat kemanan bersiaga di ruas jalan Abepura-Padang Bulan di depan Kampus Universitas Cendrawaih Kota Jayapura, Papua, Senin 23 September 2019./Antara-Alfian Rumagit

Bisnis.com, PADANG - Sekitar 800-an  perantau Minang di Wamena, Jayawijaya, Papua, masih menunggu jemputan kapal untuk bisa pulang kampung ke Padang, Sumatra Barat pascamasa kerusuhan berdarah di Wamena, Papua.

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan bahwa proses pemulangan akan dibantu oleh Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Papua bersama dengan TNI, menggunakan kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

"Informasi sementara saat ini, mereka sekitar 600 orang sudah di Jayapura dan 200 orang masih di Wamena. Secara bertahap kita akan pulangkan sesuai keinginan mereka," katanya seperti dikutip Antara dari Padang, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, bekal untuk para perantau selama di perjalanan juga akan dibantu hingga sampai di Padang menggunakan anggaran yang disumbangkan oleh masyarakat melalui rekening Sumbar Peduli Sesama.

Diupayakan agar perantau yang pulang dengan kapal ini bisa langsung sampai di Pelabuhan Teluk Bayur, Sumbar. Namun jika tidak memungkinkan, bisa sampai di Tanjung Priok, Jakarta lalu dilanjutkan dengan transportasi lain ke Padang.

"Sekarang dana sudah terkumpul cukup banyak. Kalau memungkinkan nanti, setelah turun di Tanjung Priok, ke Padang menggunakan pesawat," ujarnya.

Persoalannya, paparnya, kelengkapan administrasi dari perantau itu yang sekarang sudah tidak ada. Hal itu yang perlu dikomunikasikan dengan pihak Kementerian Perhubungan dan maskapai. "Tetapi kalau memang tidak bisa juga, bisa menggunakan alternatif lain yaitu bus," ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 297 orang perantau di Wamena sudah dalam perjalanan pulang. Mereka  dibantu oleh Kementerian Perhubungan melalui PT Pelni sebanyak 130 orang.

Kemudian, perantau lainnya dibantu TNI menggunakan pesawat Hercules sebanyak 50 orang, dan direncanakan sampai di Bandara Halim Perdanakusuma Kamis (3/10/2019), sedangkan yang dibantu ACT sebanyak 97 orang, juga akan sampai di BIM Kamis (3/10/2019). Selain itu, ada pula yang pulang secara mandiri sebanyak 20 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper