Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barista Indonesia Juara Kompetisi di Qatar

Mochamad Hafidz Alfikri menjuarai kejuaraan menyeduh kopi Qatar Aeropress Championship 2019 setelah menyisihkan 70 barista dari seluruh dunia.

Bisnis.com, JAKARTA – Mochamad Hafidz Alfikri menjuarai kejuaraan menyeduh kopi Qatar Aeropress Championship 2019 setelah menyisihkan 70 barista dari seluruh dunia.

Kesuksesan Ryu—sapaan akrab Mochamad Hafidz Alfikri—di Qatar Aeropress Championship membuatnya mendapatkan satu tiket untuk tampil di Aeropress World Championship 2019 yang diselenggarakan di London, Inggris.

Qatar Aeropress Championship 2019 sendiri digelar oleh Earth Roastery di Al Asmakh Tower, Doha, Qatar. Prestasi gemilang Ryu turut disaksikan Dubes Indonesia untuk Qatar Basri Sidehabi, staf KBRI Doha, Atase Tenaga Kerja KBRI Doha Muchamad Yusuf, serta masyarakat pecinta kopi di Qatar.

Capaian Ryu di ajang tersebut lebih baik dari prestasi Galuh Pratama yang menempati peringkat ketiga pada 2018.

Ryu mengatakan bahwa prestasinya di ajang tersebut tidak lepas dari keinginannya untuk terus belajar di berbagai kedai kopi. Bahkan, Ryu setahun belakangan merantau di Qatar untuk bekerja sekaligus mendalami profesinya sebagai barista.

Dia bercerita sempat memiliki keinginan untuk membuka kedai kopinya sendiri sebelum merantau ke Qatar. Akan tetapi, berbagai kendala membuat impiannya itu belum dapat diwujudkan.

Saat ini, Ryu bekerja di Frame Coffee Shop sambil mempelajari budaya dan karakteristik kopi di Qatar.

Barista Indonesia Juara Kompetisi di Qatar

“Jumlah barista Indonesia di Qatar memang sedikit, tetapi mereka semua merangkul dan mengajarkan kultur kopi yang berbeda kepada saya,” katanya.

Dia juga berpesan kepada barista asal Indonesia untuk tidak pernah takut mencoba hal baru dengan segala jenis risikonya. Seorang barista harus terus berkarya, belajar, dan berlatih agar dapat meraih kesuksesan.

Duta Besar Indonesia untuk Qatar Basri Sidehabi mengatakan bahwa keberhasilan Ryu membuktikan kesuksesan dapat diraih semua orang, termasuk oleh para pekerja migran.

“Terus tingkatkan kompetensi, percaya diri, dan komunikasi yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Atase Tenaga Kerja KBRI Doha Muchamad Yusuf mengatakan, KBRI Doha berkomitmen untuk terus memberikan dukungan agar semakin banyak barista asal Indonesia yang bisa bekerja di luar negeri.

“Tidak hanya bekerja di Qatar, tetapi juga di berbagai negara, sekaligus menjadi agen yang mempromosikan kopi-kopi terbaik Indonesia di mancanegara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper