Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Kualitas SDM, Hanif Dukung Keterlibatan Akademisi

Kementerian Ketenagakerjaan mendukung usulan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) untuk melakukan kerja sama pengembangan kualitas sumber daya manusia atau SDM di dalam negeri.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan mendukung usulan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) untuk melakukan kerja sama pengembangan kualitas sumber daya manusia atau SDM di dalam negeri.

Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan, mengatakan bahwa pengembangan SDM di dalam negeri membutuhkan peran serta seluruh pemangku kepentingan, termasuk dari lingkungan akademisi.

Dia pun menyambut baik usulan Iluni UI yang ingin bekerja sama dalam pengembangan kualitas SDM di Indonesia.

“Dalam menyiapkan SDM yang unggul, tentu perguruan tinggi memiliki peran yang sentral untuk menciptakan SDM yang memiliki pemikiran yang adaptif,” katanya usai menemui Iluni UI, Senin (30/9/2019).

Hanif menuturkan, saat ini peran perguruan tinggi masih didominasi oleh pendidikan formal. Padahal, saat ini diperlukan pendidikan berbasis pelatihan agar dapat menghasilkan SDM yang kompeten, serta pemberian edukasi dalam menyikapi era digital.

Menurutnya, implementasi kerja sama peningkatan kualitas SDM dengan Iluni UI akan dibahas lebih lanjut melalui focus group discussion (FGD) yang melibatkan ahli. Dengan begitu diharapkan akan diperoleh kurikulum vokasi yang tepat.

Sementara itu, Andre Rahadian, Ketua Iluni UI, mengatakan bahwa pihaknya mengajukan usulan kerja sama untuk mengembangkan program pelatihan vokasi, serta berwirausaha bagi para calon tenaga kerja agar siap memasuki pasar kerja.

“Kami mengajukan program kerja sama yang nantinya akan dikolaborasikan dengan Kemnaker. Kami ingin pemerintah dan akademisi perguruan tinggi bisa bersama-sama memajukan SDM Indonesia,” katanya.

Andre juga menyebut pihaknya mendukung seluruh upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.  Saat ini, UI telah memiliki Learning Centre 4.0 yang di dominasi dari kalangan milenial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper