Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Nama-Nama Calon Pimpinan MPR & DPR dari Fraksi Golkar

Nama Aziz Syamsudin, Bambang Soesatyo, dan Adis Kadir diunggulkan untuk memimpin MPR dan DPR dari Partai Golkar.
Aziz Syamsudin/Istimewa
Aziz Syamsudin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Nama Aziz Syamsudin, Bambang Soesatyo, dan Adis Kadir diunggulkan untuk memimpin MPR dan DPR dari Partai Golkar.

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengakui saat ini partainya masih meracik nama-nama yang akan menempati kursi Wakil Ketua DPR dan pimpinan di MPR.

Menurut Ace, partainya telah melakukan rapat korbid terbatas dan rapat pengurus harian terbatas.

Dari hasil rapat itu, ujarnya, muncul nama Aziz Syamsuddin dan Adies Kadir untuk mengisi jabatan sebagai pimpinan pimpinan DPR dan pimpinan Fraksi.

"Untuk pimpinan DPR ada nama-nama Aziz Syamsudin dan Adies Kadir. Untuk pimpinan MPR ada Bambang Soesatyo dan Aziz Syamsuddin,” ujar Ace kepada wartawan, Senin (30/9).

Sedangkan untuk ketua fraksi di MPR ada nama Zainuddin Amali dan Idris Laena, kata Ace.

Sementara itu, Ketua Umum DPP MKGR yang juga Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Roem Kono mengatakan Aziz merupakan sosok paling tepat sebagai perwakilan pimpinan Golkar di MPR.

Menurutnya, sebagai politisi berlatar belakang keahlian di bidang hukum dan tata negara dan berpengalaman memimpin Komisi III DPR, Aziz akan lebih diterima di lintas fraksi.

“Kalau kita sudah punya wacana menunjuk Aziz Syamsuddin meski belum ada usulan resmi. Karena kita pemenang pemilu kedua kita minta ketua. Tak mungkin kita mencalonkan orang lain,” kata Roem Kono.

Menurutnya, Aziz bukan saja akan diusulkan Golkar, tapi dipastikan akan diusulkan oleh MKGR yang saat ini mendominasi kursi Golkar di DPR. Roem Kono mengatakan dari 85 jumlah anggota Fraksi Golkar, 28 orang di antaranya adalah kader MKGR.

Meski belum pasti, namun berdasarkan Undang-undang MD3 kader PDIP di DPR berhak menjadi Ketua DPR. Sedangkan untuk posisi Ketua MPR dibuka ruang untuk lobi-lobi.

Hanya saja hingga kini pihak PDIP belum menyebut figur yang akan ditempatkan sebagai Ketua DPR meski Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani yang berasal dari dareah pemilihan Jawa Tengah, disebut-sebut akan menempati posisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper