Lewat Film Dokumenter, Pangeran Mohammad bin Salman Tegaskan Bertanggung Jawab Atas Pembunuhan Khashoggi

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi mengatakan dia memikul tanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi tahun lalu oleh aparat keamanan karena terjadi di bawah pengawasan dirinya," menurut sebuah film dokumenter PBS yang akan tayang minggu depan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 September 2019  |  07:00 WIB
Lewat Film Dokumenter, Pangeran Mohammad bin Salman Tegaskan Bertanggung Jawab Atas Pembunuhan Khashoggi
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berpose dalam kunjungannya ke Tembok Besar Cina di Beijing, Cina 21 Februari 2019. - Reuters

Bisnis.com,  JAKARTA - Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi mengatakan dia memikul tanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi tahun lalu oleh aparat keamanan karena terjadi di bawah pengawasan dirinya," menurut sebuah film dokumenter PBS yang akan tayang minggu depan.

Pernyataan itu merupakan yang pertama kalinya disampaikan Mohammad bin Salman, penguasa de fakto kerajaan.

Dia secara terbuka menunjukkan pertanggungjawaban pribadi atas pembunuhan di dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul oleh para pelaku operasi yang dekat dengannya. 

CIA dan beberapa pemerintah negara Barat meyakini pembunuhan itu atas perintahnya, tetapi pejabat Arab Saudi mengatakan dia tidak punya peran.

Kematian jurnalis itu memicu kegemparan global dan sejak itu putra mahkota tersebut belum pernah mengunjungi Amerika Serikat atau Eropa.

"Itu terjadi di bawah pengawasan saya ..saya menanggung semua tanggung jawab karena itu terjadi di bawah pengawasan saya," katanya kepada produsen PBS, Martin Smith seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (27/9/2019).

Pernyataan itu muncul dalam preview dari film dokumenter berjudul “Putra Mahkota Arab Saudi” yang akan tayang pada 1 Oktober mendatang atau satu tahun kematian Jamal Khashoggi.

Dalam pernyataan resmi pemerintah, Arab Saudi menyalahkan pembunuhan itu pada para aparat keamanan. Jaksa penuntut umum mengatakan wakil kepala intelijen memerintahkan pemulangan Khashoggi yang merupakan orang dalam kerajaan yang menjadi pengkritik pemerintah.

Akan tetapi pemimpin perunding memerintahkan dia dibunuh setelah pembicaraan untuk memintanya kembali ke Arab Saudi gagal.

Sebelas tersangka warga Arab Saudi telah diadili dalam persidangan tertutup. Sebuah laporan PBB telah meminta Pangeran Mohammad dan pejabat senior Arab Saudi lainnya untuk diselidiki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jamal Khashoggi, arab saudi

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top