Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Berhasil Dorong Resolusi Baru untuk Afganistan

Diplomasi Indonesia kembali berhasil di Dewan Keamanan PBB, setelah sukses fasilitasi kesepakatan Resolusi 2489 mengenai peran Misi PBB di Afghanistan.
Gedung PBB/Antara
Gedung PBB/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia kembali berhasil meloloskan perpanjangan United Nations Mission in Afganistan atau UNAMA hingga 17 September 2020.

Dian Triansyah Djani, Wakil tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengatakan perpanjangan UNAMA hingga 17 September 2020 telah dituangkan dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 2489.

“Diplomasi Indonesia kembali berhasil di Dewan Keamanan PBB, setelah sukses fasilitasi kesepakatan Resolusi 2489 mengenai peran Misi PBB di Afghanistan,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (18/9/2019).

Dian menuturkan resolusi tentang misi PBB di Afganistan diprakarsai oleh Indonesia yang bekerja sama dengan Jerman. Resolusi tersebut memuat berbagai dukungan PBB kepada pemerintah dan rakyat Afganistan untuk menciptakan perdamaian, serta pembangunan di negara tersebut.

Menurutnya, keberhasilan Indonesia mendorong resolusi tersebut menunjukkan kepercayaan negara anggota Dewan Keamanan PBB terhadap Indonesia. Selain itu, Indonesia juga dianggap aktif memperjuangkan persoalan Afganistan, seperti upaya Indonesia mendorong peran aktif perempuan Afghanistan.

Resolusi yang berhasil didorong Indonesia akan memberikan mandat baru bagi UNAMA untuk mendukung kapasitas Pemerintah Afghanistan dalam penegakan hak asasi manusia, kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak-anak.

Selain itu, UNAMA juga miliki mandat untuk dukung persiapan Pemilu Presiden tanggal 28 September 2019.

Dia menilai dukungan internasional bagi Afghanistan sangat penting menjelang pemilihan presiden yang akan menjadi simbol penegakan demokrasi di Afghanistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper