Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakyat Indonesia Galang Dana Wujudkan Mimpi B.J. Habibie

Meninggalnya Presiden ke-3 RI B.J. Habibie dalam usia 83 tahun tetap mewariskan rancangan RAI R-80 yang merupakan pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop yang dibangun perusahaan pesawat Indonesia Regio Aviasi Industri  (RAI) bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Bisnis.com, JAKARTA – Meninggalnya Presiden ke-3 RI B.J. Habibie dalam usia 83 tahun tetap mewariskan rancangan RAI R-80 yang merupakan pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop yang dibangun perusahaan pesawat Indonesia Regio Aviasi Industri  (RAI) bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Regio Aviasi Industri (RAI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang, didirikan oleh Presiden RI ke 3 BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

Pesawat tersebut memiliki kapasitas 80 hingga 92 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang. Memiliki persiapan pembuatan pesawat sejak 2013, ada beberapa tahapan proses pembuatan pesawat berkapasitas 80 penumpang ini.

Adapun sejak 2017, antusias masyarakat Indonesia mendengar kabar baik ini tergerak untuk memulai gerakan berdonasi dalam bantu mewujudkan pesawat buatan bangsa, yakni pesawat jenis turbo prop R80, impian Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

Dilansir melalui kitabisa, program R80 pun mendapatkan dukungan pemerintah dan dinyatakan sebagai Program Strategis Nasional. Pesawat R80 murni buatan Indonesia dengan Alm. B.J. Habibie selaku arsiteknya.

Total biaya pembuatan prototype pesawat R80 mencapai lebih dari Rp200 Miliar. Sedangkan keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai US$ 1.6 miliar atau sekitar Rp20 triliun.

Uang tersebut sedang digalang baik secara langsung melalui investment bankers, maupun dicarikan oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kemudian, untuk gerakan crowdfunding (patungan publik) dilakukan melalui laman kitabisa. https://kitabisa.com/campaign/pesawatr80

Di tengah nuansa duka atas meninggalnya BJ Habibie, Rabu, (11/9/2019) lalu, penggalangan dana tersebut kembali ramai. Masyarakat Indonesia seakan tak rela mimpi sang bapak teknologi ikut terkubur.

Rasa antusiasme dan kebanggaan kembali membara, terlihat dari berbagai komentar semangat dan harapan dari para donatur yang terpampang di laman tersebut.

“Misi dan cita-cita Pak B.J. Habibie pasti tercapai. Pak Habibie adalah seorang yang sangat menginspirasi orang dalam kecintaannya dengan Bu Ainun dan Indonesia,” ungkap Anomin, lewat komentar di laman kitabisa, Minggu, (15/9/2019) pukul 22.21 WIB.

Hingga kini, menurut pantauan Bisnis dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 9.392.499.074. Dana yang disumbangkan donatur pun beragam mulai dari Rp20.000 hingga Rp500 juta. Doa serta harapan terus mengalir untuk dapat mewujudkan mimpi dari Presiden ke-3 RI tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper