B.J. Habibie Wafat, SBY Kembali Kehilangan Sosok Terdekatnya

Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berserta anak dan menantunya, Agus Harmimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Annisa Pohan melayat di kediaman B.J. Habibie, Kamis (12/9/2019).
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 12 September 2019  |  11:13 WIB
B.J. Habibie Wafat, SBY Kembali Kehilangan Sosok Terdekatnya
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) menangis disaksikan Presiden Joko Widodo (tengah) dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie (kiri) saat memberikan sambutan ketika kedatangan jenazah almarhumah Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berserta anak dan menantunya, Agus Harmimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Annisa Pohan melayat di kediaman B.J. Habibie, Kamis (12/9/2019). 

"Saya harus mengatakan kita sungguh kehilangan, beliau bukan hanya bapak reformasi, bapak demokrasi, tapi juga bapak teknologi," ujar SBY di rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

SBY bercerita, dia memiliki kedekatan secara pribadi sebelum mantan Presiden RI ke-3 tersebut belum menjabat sebagai presiden di era reformasi, setelah ia menjadi presiden, dan bahkan ketika keduanya tidak lagi menjabat di pemerintahan.

"Terus terang ketika Ibu Ani berpulang, Ibu Ainun berpulang, hubungan keluarga kami semakin dekat lagi. Oleh karena itu, secara pribadi saya sungguh kehilangan, Tetapi saya yakin bahwa keputusan Allah subhanahu wa ta'ala ini lah keputusan terbaik," ungkapnya. 

Annisa Pohan, menantu SBY, dalam kesempatan yang sama juga bercerita pengalamannya saat menghabiskan waktu bersama B.J. Habibie.

Annisa menyebut ada pesan yang disampaikan kepadanya saat baru saja kehilangan ibu mertuanya Ani Yudhoyono pada Juni lalu

"Ada nasihat-nasihat beliau ketika saat itu kami baru saja ditinggal oleh Ibu Ani bagaimana supaya kami selalu jangan pernah membiarkan Pak SBY sendiri, temani Pak SBY, selalu harus ada yg menemani dan nasihat beliau yang lain jadi masih lekat di pikiran saya" kata Annisa. 

Baik SBY maupun Annisa menyebut keduanya ikut bersedih atas berpulangnya B.J. Habibie. 

"Manusia begitu banyak sekali kesedihan karena banyak sekali orang-orang baik dan luar biasa yang meninggalkan dunia ini. Kita doakan bersama semoga apa yang mereka perbuat di dunia ini mendapatkan ganjaran sebaik-baiknya oleh Allah SWT," tutup Annisa. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sby, habibie, bj habibie

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top