Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komisi III DPR : Jangan Sampai Capim KPK Ditolak Semua 

Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Desmond J Mahesa mengatakan pihaknya saat ini memantau apa pun yang disarankan masyarakat sipil. 
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/JIBI-Abdullah Azzam
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Kalangan DPR mengingatkan agar calon pimpinan KPK yang akan diajukan memiliki kelayakan dan kepatutan untuk memimpin lembaga antirasuah tersebut. 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menerima 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Presiden pun tidak akan tergesa-gesa menyerahkan semua kandidat ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk diuji kelayakan dan kepatutannya melalui fit and proper test

Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Desmond J. Mahesa mengatakan pihaknya saat ini memantau apa pun yang disarankan masyarakat sipil. 

Saat diserahkan semua nama dari presiden, legislatif akan memeriksa kapasitas, kapabilitas, dan keseriusan mereka apabila menjadi petinggi lembaga antirasuah.

“Jangan sampai kayak pengalaman [calon] hakim agung terakhir ini. KY [Komisi Yudisial] kirim, kita tolak terus. Jangan sampai 10 orang kami tolak,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Desmond menjelaskan bahwa penolakan bisa terjadi jika mereka tidak memiliki kualitas yang baik. Apakah para calon ini memiliki kritik atas kekurangan dan akan dibawa seperti apa KPK ke depan. 

Kalau tidak cocok, Desmond yang berasal dari Fraksi Partai Gerindra menyatakan pasti akan menolak. 

“Jadi jangan berharap juga 10 orang ini bisa lolos. Bisa 5, bisa 3, yang pasti tidak lebih dari 5,” jelasnya.

DPR kini menunggu Jokowi menyerahkan 10 nama calon pimpinan KPK. Apabila diserahkan sebelum tanggal 7 September, tahapan seleksi bisa selesai sebelum masa jabatan DPR 2014—2019 habis.

“Kalau sudah diserahkan tanggal 26 atau 23, ya tidak mungkin lagi. Berarti DPR periode yang akan datang. Tidak ada masalah juga bagi kami,” ucap Desmond.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper