Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Koleksi Nasional Bisa Menjadi Langkah Awal Inventarisasi

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum pernah melihat atau mengetahui karya-karya penting yang dimiliki oleh negara.
Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional yang menampilkan karya seni rupa koleksi negara./Repro-Galeri Nasional
Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional yang menampilkan karya seni rupa koleksi negara./Repro-Galeri Nasional

Bisnis.com, JAKARTA—Masih berlangsung hingga 31 Agustus 2019, Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional #2 bertajuk Lini Transisi menampilkan karya-karya perupa hebat di masanya di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Pameran Lini Transisi memang sengaja melibatkan berbagai institusi dan instansi pemerintah yang memiliki karya seni rupa sebagai koleksi negara. Galeri Nasional Indonesia menginisiasi pameran ini dalam rangka mengenalkan koleksi nasional yang dimiliki negara kepada publik. Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum pernah melihat atau mengetahui karya-karya penting yang dimiliki oleh negara.

“Di luar koleksi negara di istana, ternyata masih banyak koleksi-koleksi lainnya yang tersebar di berbagai instansi, bahkan di luar negeri juga,” ujar Asikin Hasan, kurator Galeri Nasional Indonesia. Menurutnya, kedutaan besar Republik Indonesia di luar negeri juga banyak menyimpan koleksi para perupa dari Indonesia.

Lukisan-lukisan koleksi negara ini merupakan inisiatif Soekarno pada masa itu untuk memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang maju dan terpandang melalui keseniannya. Inilah yang membuat banyak koleksi-koleksi penting tersebar di seluruh Indonesia dan kedutaan di luar negeri.

Selama ini belum ada pendataan resmi untuk melacak posisi maupun jumlah karya koleksi negara. Asikin menilai bahwa pameran seni rupa koleksi nasional merupakan salah satu cara untuk memulai inventarisasi karya tersohor di masa lalu yang dimiliki oleh negara. “Jadi melalui pameran ini, kita bisa bekerja sama dengan lembaga negara lainnya untuk mendata ulang koleksi nasional  tersebut pelan-pelan,” ujarnya.

Proses ini tentu membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pameran koleksi seni rupa nasional diharapkan dapat menjadi langkah awal inventarisasi karya seni rupa yang menjadi aset negara. “Harus ada koordinasi dengan instansi yang mengoleksi karya tersebut untuk melakukan pendataan,” katanya.

Sebagai inisiator, Galeri Nasional Indonesia berkomitmen untuk menampilkan karya-karya yang berkaitan dengan sejarah agar masyarakat mengetahuinya. Asikin berharap, pameran koleksi nasional dapat terus berlangsung setiap tahunnya agar publik mengetahui bahwa seni rupa Indonesia kaya akan karya yang mengesankan. Apalagi karya-karya lama tersebut kondisinya secara fisik masih sangat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper