Kenali Lebih Dekat Badan Usaha Milik Negara, Siswa Mengenal Nusantara Asal Maluku Kunjungi Kantor Kementerian BUMN

Setelah satu minggu mengasah pengetahuan di DKI Jakarta, 23 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku yang terdiri dari pelajar SMA dan SLB mengenal lebih dekat Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah satu minggu mengasah pengetahuan di DKI Jakarta, 23 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku yang terdiri dari pelajar SMA dan SLB mengenal lebih dekat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui pengenalan tentang BUMN di Gedung Kementerian BUMN yang disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Infrastrukur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra.

Pada kesempatan tersebut  Hambra sebagai putra daerah asal Maluku menyampaikan bahwa peserta dari program Siswa Mengenal Nusantara yang sudah berjalan selama 5 tahun ini  merupakan siswa-siswi terpilih dari masing-masing Provinsi di Indonesia dengan total peserta tahun ini mencapai 900 pelajar.

Selain menerima peserta SMN asal Maluku, Hambra pun menerima siswa-siswi SMN asal Riau.

“Program SMN ini sudah mendapat tempat di hati kita semua dan menjadi bagian dari BUMN untuk membantu generasi muda untuk menanamkan Nasionalisme, mengenal Nusantara, teknologi, infrastruktur dan mengenal NKRI,” jelas Hambra.

Kenali Lebih Dekat Badan Usaha Milik Negara, Siswa Mengenal Nusantara Asal Maluku Kunjungi Kantor Kementerian BUMN

Dalam program yang diinisiasi oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) Bersama PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero), sebelumnya peserta SMN juga mengunjungi pabrik Perusahaan BUMN yaitu Pupuk Kujang di Cikampek, Perum Peruri di Karawang, Program “Sodetan Kali CIliwung” milik PT Indra Karya, dan Kawasan Jakarta Industrial Estate (JIEP).

Selama program SMN, para peserta SMN telah menerima pembekalan wawasan kebangsaaan dan bela negara bersama dengan Paskhas 461 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma selama dua hari, wawasan Pendidikan dengan mengunjungi sekolah unggulan MH Thamrin Jakarta, kunjungan Perusahaan dan proyek BUMN, kunjungan berbagi tempat bernilai sejarah dan social budaya seperti Monas, melakukan perjalanan dengan MRT dan wawasan entrepreneurship di Rumah Kreatif BUMN.

Selain itu, mereka seluruh peserta juga mengikuti kegiatan Upacara Peringatan HUT RI Ke-74 dan Jalan Sehat yang dilaksanakan di Gedung Kementerian BUMN.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana berharap bahwa program SMN ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada pesertanya.

“Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN sebagai inisiator kegiatan ini, kami berharap peserta Siswa Mengenal Nusantara ini dapat merasakan dan memiliki kesempatan yang sama dengan pelajar yang berada di Kota Jakarta,” jelas Wijaya.

 Setelah beranjak dari Gedung Kementerian BUMN, peserta SMN kemudian melanjutkan kegiatan dengan kunjungan ke Gelora Bung Karno (GBK) yaitu venue Aquatic dan mengikuti pelatihan kopi Koper yang merupakan mitra binaan PT Indra Karya (Persero) yang berlokasi di komplek GBK.

Hal yang sama  diungkapkan oleh salah satu peserta SMN, Susana Rahalog, siswa SMA 1 Tual, Maluku.

“Lewat program ini saya banyak belajar tidak hanya wawasan yang menjadi lebih luas tapi juga kami sebagai siswa yang berasal dari wilayah paling Timur Indonesia belajar menjadi satu keluarga, tidak hanya dengan teman-teman dari Maluku tapi juga keluarga Indonesia," ujarnya.

Susana juga berharap program SMN ini dapat dipertahankan di tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper