Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditolak Beli Greenland, Trump Batal Kunjungi Denmark

Pembatalan kunjungan terjadi setelah perdana menteri Denmark menolak gagasan Trump untuk membeli Greenland, wilayah otonomi Denmark. 
Sebuah gunung es raksasa terlihat di dekat Desa Innaarsuit, Greenland, Kamis (12/7)./Magnus Kristensen via Reuters
Sebuah gunung es raksasa terlihat di dekat Desa Innaarsuit, Greenland, Kamis (12/7)./Magnus Kristensen via Reuters

Bisnis.com, WASHINGTON - Greenland menjadi ganjalan kehadiran Presiden AS Donald Trump di Denmark.

Trump pada Selasa (20/8) membatalkan rencana kunjungannya ke Denmark. Sebelumnya Trump dijadwalkan mengunjungi Denmark pada awal September. Pembatalan kunjungan terjadi setelah perdana menteri Denmark menolak gagasan Trump untuk membeli Greenland, wilayah otonomi Denmark. 

"Denmark adalah negara yang sangat istimewa dengan rakyat yang luar biasa, tapi berdasarkan komentar Perdana Menteri Mette Frederiksen bahwa ia tidak tertarik membahas penjualan Greenland, saya akan menunda pertemuan kami yang dijadwalkan dalam dua pekan untuk waktu lain," cuit Trump di Twitter.

"Perdana Menteri bisa menghemat sangat banyak biaya dan upaya buat Amerika Serikat dan Denmark dengan bersikap terang-terangan. Saya berterima kasih kepada dia dan sangat mengharapkan bisa menjadwal ulang kapan-kapan pada masa depan," kata Trump.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Trump telah menghapuskan rencana singgah pada 2 hingga 3 September di Denmark, yang adalah sekutu AS di NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara).

Trump sebelumnya dijadwalkan membahas Kutub Utara dalam pertemuan di Copenhagen dengan Mette Frederiksen, yang mulai memangku jabatan pada Juni, dan dengan Perdana Menteri Kim Kielsen dari Greenland.

Mette Frederiksen pada Minggu (18/8) mengatakan gagasan untuk menjual Greenland kepada Amerika Serikat tidak masuk akal. Hal itu disampaikan Frederiksen setelah seorang penasihat ekonomi Trump mengonfirmasi keinginan AS untuk membeli pulau terbesar di dunia tersebut.

"Greenland tidak dijual. Greenland bukan Denmark. Greenland milik Greenland. Saya sangat berharap bahwa ini tidak dimaksudkan dengan serius," kata Mette Frederiksen kepada surat kabar Sermisiaq selama kunjungan di Greenland.

Trump membenarkan kepada wartawan pada Minggu bahwa ia belum lama ini telah membahas kemungkinan pembelian Greenland, wilayah otonomi Denmark, walaupun ia mengatakan rencana semacam itu bukan prioritas utama.

"Konsep itu muncul dan ... secara strategis itu menarik," kata Trump kepada wartawan di Morristown, New Jersey.

Satu kesepakatan tahun 1951 antara Denmark dan Amerika Serikat memberi AS hak militer atas Pangkalan Udara Thule di Greenland utara.

Minat Trump untuk membeli Greenland telah dihadapi dengan lelucon dan ketidakpercayaan. Lars Lokke Rasmussen, yang belum lama ini meletakkan jabatan sebagai perdana menteri Denmark, mencuit pekan lalu, "Itu pasti lelucon April Mop."

Pada Senin, Trump kembali mencuit gambar bangunan Trump Tower berwarna keemasan menjulang di antara gugusan rumah di pulau Kutub Utara itu, dan menulis, "Saya berjanji untuk tidak melakukan ini pada Greenland!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper