Lenis Kogoya Nyatakan Presiden Jokowi Bakal Kunjungi Papua

Pascarusuh Papua, Jokowi Bakal Kunjungi Papua
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 20 Agustus 2019  |  12:05 WIB
Lenis Kogoya Nyatakan Presiden Jokowi Bakal Kunjungi Papua
Massa melakukan aksi di Jayapura, Senin (19/8/2019). Aksi tersebut untuk menyikapi peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. Antara - Gusti Tanati

Bisnis.com, JAKARTA--Staf Khusus Presiden Lenis Kogoya menyatakan Presiden Joko Widodo bakal berkunjung ke Papua dan Papua Barat dalam waktu dekat, untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

"Nanti kita akan ajak Pak Presiden ke Papua dan Papua Barat untuk komunikasi langsung dengan masyarakat. Sekarang saya fasilitasi khusus orang-orang adat. Yang pemuda, dan mama-mama, berdialog. Nanti kelanjutan baru pemerintah," katanya seusai bertemu dengan Presiden Jokowi, Selasa (20/8/2019).

Untuk waktunya, dia mengharapkan pertemuan bisa dilakukan setidaknya pada pekan ini hingga bulan ini supaya Presiden Jokowi bisa berdialog langsung dengan masyarakat Papua.

Sebagai tindak lanjut pascakerusuhan di Papua, dia mengemukakan bakal memanggil sejumlah pihak dan melakukan rapat di kantornya. Sesuai instruksi Presiden Jokowi, persoalan tersebut memang harus dituntaskan untuk mencegah terulangnya kembali di masa yang akan datang.

"Hari ini mungkin jam 1 saya akan terbang ke Surabaya. Mungkin agak sore, kami akan pertemuan untuk Gubernur Jatim. Nanti konsep yang saya harapkan, saya sudah laporkan kepada Presiden ada strategi khusus untuk menangani masalah Papua," ujarnya.

Selain itu, Lenis juga meyatakan pola pendidikan di asrama juga akan menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan. Dia mengapresiasi rencana Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa yang berinisiatif membangun asrama mahasiswa nusantara guna mendekatkan hubungan mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya.

Sebelumnya, Khofifah sempat mengungkapkan rencananya untuk membangun asrama nusantara. Nantinya, pemprov menyiapkan kuota mahasiswa dari beberapa daerah sehingga seluruh representasi mahasiswa dari berbagai daerah berkumpul menjadi satu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, papua

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top