Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Setuju Pindah Ibu Kota, Fadli Zon Usul di Jonggol atau Kertajati

Prabowo Subianto mendukung rencana pemindahan Ibu Kota. Sementara Fadli Zon menilai pemindahan ke Kalimantan belum pas. Dia mengusulkan di daerah Jawa Barat saja.
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Presiden 2019 di TPS 041, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  Rabu, (17/4/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Presiden 2019 di TPS 041, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, (17/4/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo telah memutuskan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan setuju dengan rencana pemerintah tersebut.

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan itu. Hanya, saat ini belum pas.

“Apakah urgensinya waktunya kapan dan di mana tempatnya saya kita itu yang perlu di lakukan pengkajian yang mendalam gitu,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Fadli menjelaskan bahwa kajian mendalam meliputi anggaran dan infrastruktur. Apabila harus pindah ke Kalimantan, itu butuh sangat besar.

“Kalau misalnya ke wilayah yang dekat seperti di Jonggol atau mungkin di Kertajati [Jawa Barat] gitu ya, itu sangat memungkinkan secara kalkulasi dan SDM. Sumber daya dan infrastruktur sebagainya,” jelasnya.

Jokowi sebelumnya ingin ibu kota pindah di luar Jawa agar ada pemerataan pembangunan dan ekonomi. Fadli malah berpikiran agar pusat ekonomi dipisah-pisah agar pertumbuhan semakin menyebar. Akan tetapi pada dasarnya Gerindra merasa perlu geser tempat pemerintahan.

“Yang paling penting itu waktunya kapan. Sekarang ini apakah menjadi prioritas. Di saat ekonomi masih seperti saat ini keadaannya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper