Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rawan Tsunami, BMKG Bakal pasang Alat Peringatan Dini di Mukomuko

Pemasangan alat peringatan dini tsunami akan dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika pada 2019.
Pemasangan alat pendeteksi tsunami BUOY di sekitar perairan Gunung Anak Krakatau. Foto: @bppt_ri
Pemasangan alat pendeteksi tsunami BUOY di sekitar perairan Gunung Anak Krakatau. Foto: @bppt_ri

Bisnis.com, MUKOMUKO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berencana memasang peralatan yang berfungsi sebagai sistem peringatan dini tsunami di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Syahrizal mengatakan bahwa pemasangan alat itu akan dilakukan pada tahun ini oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Rencananya tahun ini BMKG pusat dan BMKG Kepahiang Bengkulu memasangan alatnya itu di wilayah Bantal, Kecamatan Teramang Jaya,” katanya dalam keterangannya di Mukomuko seperti dikutip Antara, Senin (12/8/2019).

Dia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Mukomuko memfasilitasi pihak BMKG untuk mendapatkan tanah yang dibutuhkan sebagai lokasi pembangunan tempat dan peralatan "Ina-Tews"  (suatu sistem peringatan dini tsunami yang komprehensif, yang di dalamnya telah diterapkan teknologi baru yang dikenal dengan Decision Support System (DSS) di daerah itu.

Dia menyatakan Pemerintah Kabupaten Mukomuko menghibah tanah berukuran 4 x 4 meter di wilayah Bantal, Kecamatan Teramang Jaya untuk lokasi pembangunan dan peralatan yang berfungsi sebagai sistem peringatan dini tsunami kepada pihak BMKG.

Menurutnya, lokasi tanah untuk pembangunan tempat dan peralatan yang berfungsi sebagai sistem peringatan dini tsunami tidak bersengketa dengan warga masyarakat setempat.

“Kami sudah menyampaikan surat hibah tanah tersebut dari pemerintah setempat kepada BMKG, selanjutnya mereka yang memanfaatkan tanah tersebut untuk membangun,” ujarnya.

Dia mengatakan, BMKG sebelumnya melakukan survei ke daerah ini untuk mencari lokasi yang sesuai untuk pembangunan tempat dan pemasangan peralatan yang berfungsi sebagai sistem peringatan dini tsunami.

Dari hasil survei tersebut, katanya, BMKG berencana membangun tempat dan pemasangan peralatan yang berfungsi sebagai peringatan dini tsunami di daerah ini.

Dia menyatakan, pemerintah setempat mendukung BMKG pusat memasang peralatan yang berfungsi sebagai sistem peringatan dini bagi masyarakat ingin mengungsi ketika terjadi gempa besar yang melanda daerah ini.

Dia berharap, peralatan ini bisa berfungsi memberikan informasi yang cepat dan akurat terkait kejadian gempa bumi dan tsunami yang dibutuhkan oleh warga masyarakat di daerah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper