Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemuda Ethiopia Siap Sukseskan Program Kerja Indonesia

Kalangan pemuda Ethiopia menyatakan kesiapannya untuk mendukung kesuksesan program Indonesia di Ethiopia.
Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, berbincang dengan tokoh pemuda Ethiopia./Istimewa-KBRI Addis Ababa
Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, berbincang dengan tokoh pemuda Ethiopia./Istimewa-KBRI Addis Ababa

Bisnis.com, ADDIS ABABA - Kalangan pemuda Ethiopia menyatakan kesiapannya untuk mendukung kesuksesan program Indonesia di Ethiopia.

Pendiri dan pimpinan Asosiasi Persahabatan Ethiopia-Indonesia, Kalewongel Tesfaye menyatakan bahwa pemuda Ethiopia akan mendukung semua program dan kegiatan yang diselenggarakan pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar RI di Addis Ababa.

"Pemuda Ethiopia siap membantu memperkuat hubungan dan kerjasama bilateral Ethiopia dan Indonesia. Sementara itu, pemuda Ethiopia juga akan berpartisipasi pada penyelenggaraan upacara penaikan bendera dalam rangka peringatan HUT RI, Sabtu 17 Agustus 2019 dan resepsi diplomatik pada minggu pertama Oktober 2019 yang diselenggarakan oleh KBRI Addis Ababa," demikian dikatakan Kalewongel Tesfaye.

Kalewongel Tesfaye dan sejumlah tokoh pemuda dan mahasiswa Ethiopia bertemu dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika saat makan malam bersama dalam acara barbeque di Wisma Indonesia Addis Ababa Jumat malam (9/8/2019).

Kalewongel yang juga pendiri dan pemimpin organisasi pemuda Ethiopia, Youth 2 Youth mengatakan bahwa Ethiopia-Indonesia Youth Association yang didirikan 11 Juni 2019 di KBRI Addis Ababa bertujuan untuk ikut memajukan hubungan dan kerja sama kedua negara.

“Di Indonesia, kami memiliki counterpart yaitu Indonesia-Ethiopia Youth Association yang dipimpin Kevin Alwino dan Fathie Sampaguita. Keduanya sudah bertemu dengan Duta Besar Ethiopia di Jakarta, Prof. Admasu Tsegaye beberapa waktu lalu untuk membahas berbagai kegiatan kedepan”, kata Kalewongel, dikutip dari keterangan resmi Kedubes RI di Addis Ababa, Jumat (9/8/2019)..

Kalewongel bersama Sileshi Sals Umer, CEO Safe Light, adalah dua tokoh dan wirausaha muda Ethiopia yang akan menghadiri Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) di Bali pada 20-21 Agustus 2019.

KBRI Addis Ababa sengaja menghadirkan tokoh wirausaha muda Ethiopia pada acara IAID tersebut karena mereka memiliki potensi besar dan komitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika, khususnya dengan Ethiopia.

Di hadapan pimpinan pemuda Ethiopia itu, Duta Besar Al Busyra Basnur menjelaskan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan KBRI Addis Ababa menjelang akhir tahun 2019 dan tahun depan yang memerlukan partisipasi pemuda Ethiopia.

“Kami sangat senang dan berterima kasih atas perhatian dan dukungan pemuda dan mahasiswa Ethiopia yang begitu besar terhadap Indonesia, khususnya melalui KBRI Addis Ababa. Berbagai organisasi pemuda Ethiopia hampir setiap minggu menghubungi saya menanyakan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu program dan kegiatan KBRI Addis Ababa”, kata Duta Besar Al Busyra Basnur.

Tahun 2019 ada lima mahasiswa Ethiopia memperoleh beasiswa dari pemerintah Indonesia, yaitu empat orang beasiswa Kemitraan Negara Berkembang dan satu orang beasiswa Darmasiswa.

“Dibandingkan dengan jumlah penduduk, potensi dan kepentingan Indonesia di Ethiopia ke depan, jumlah penerima beasiswa Indonesia di Ethiopia perlu ditingkatkan apalagi Afrika menjadi prioritas diplomasi Indonesia. Penduduk Ethiopia 108 juta orang merupakan kedua terbesar di Afrika," ujar Al Busyra..

Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dengan peserta rata-rata 70 orang setiap tahun dari lebih 40 negara belum pernah ada yang dari Ethiopia.

"Mudah-mudahan tahun depan ada peserta BSBI dari Addis Ababa, apalagi di Ethiopia terdapat kantor African Union dan berbagai organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)”, tambah Al Busyra yang didampingi Pejabat Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Addis Ababa, Ravky Adi Permato. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper