Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalahkan UI dan ITB, UGM Terpopuler di Indonesia

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama peringkat universitas paling populer di Indonesia 2019 versi UniRank, salah satu lembaga pemeringkat universitas, yang sebelumnya bernama 4ICU.
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama peringkat universitas paling populer di Indonesia 2019 versi UniRank, salah satu lembaga pemeringkat universitas, yang sebelumnya bernama 4ICU.

Dalam laman 4icu.org, posisi 5 besar perguruan terpopuler di Indonesia 2019 setelah UGM adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), diikuti Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Perguruan papan atas Indonesia lainnya, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) masing-masing berada di posisi ke-7, ke-8, dan ke-11.

Menurut penjelasan UniRank, pemeringkatan ini berdasarkan metrik web yang valid, tidak memihak dan tidak dapat dipengaruhi. Data tersebut disediakan oleh sumber-sumber web independen, bukan data yang dikirimkan oleh universitas.

Syarat perguruan tinggi untuk masuk seleksi adalah perguruan tinggi mendapatkan akreditasi dari lembaga sah di masing-masing negara. Kedua, perguruan tinggi harus mempunyai program S1 dan pascasarjana, serta kuliah dilakukan dengan metode tatap muka.

UniRank mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas  yang diakui secara resmi di 200 negara.

Dalam peringkat 200 besar dunia, UGM menjadi satu-satunya wakil Indonesia dengan menempati posisi ke-176. Untuk tingkat 200 besar Asia, UGM di posisi ke-35, UNY di 45, UI di 55, UB 92, UPI 93, Undip 98, Unair 138, IPB 140,Unila  148,  UNS 150, ITB 155, UMS 157, Universitas Negeri Semarang 175, ITS 185, dan USU 190.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper