Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang Keluarkan Izin Ekspor Bahan Baku Cip, Korsel Tunda Rencana Balasan

Korea Selatan menunda rencana aksi balasan setelah dikeluarkan dari fasilitas kemudahan ekspor oleh Jepang.
Bendera Korea Selatan dan Jepang./Reuters-Toru Hanai
Bendera Korea Selatan dan Jepang./Reuters-Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA -- Korea Selatan menunda rencana mengeluarkan Jepang dari "daftar putih" negara-negara yang mendapatkan fasilitas kemudahan ekspor.

Pejabat Kementerian Perdagangan (Kemendag) Korea Selatan (Korsel) mengatakan para menteri Negeri Ginseng sebelumnya sepakat untuk memfinalisasi keputusan tersebut dalam pertemuan yang digelar pada Kamis (8/8/2019). Namun, seperti dilansir Reuters, mereka memutuskan untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Tidak dijelaskan alasan penundaan ini. Namun, penundaan tersebut disampaikan setelah Jepang meloloskan ekspor produk berteknologi tinggi pertama ke Korsel setelah Tokyo memperketat pengiriman barang ke Negeri Ginseng pada bulan lalu.

Perdana Menteri (PM) Korsel Lee Nak-yon mengumumkan produk yang mendapat izin ekspor adalah EUV photoresists, bahan kimia yang sangat penting untuk produksi cip Samsung.

Para produsen cip Korsel sangat bergantung terhadap bahan baku dari Jepang dan tidak bisa mendapatkan alternatif agar produksi aman. Salah satu bahan baku vital adalah hidrogen fluorida.

Hubungan antara kedua negara memburuk sejak akhir 2018, dipicu oleh sengketa kompensasi atas pekerja paksa di Korsel selama masa pendudukan Jepang pada Perang Dunia II. Pada Jumat (2/8), Jepang telah lebih dulu mengeluarkan Korsel dari daftar putih negara-negara yang mendapatkan fasilitas kemudahan ekspor.

Pemerintah Jepang menyatakan izin ekspor kali ini diberikan setelah melalui pemeriksaan yang ketat.

"Jika ditemukan adanya penyimpangan penggunaan atas barang-barang selain produk berteknologi tinggi, kami akan melakukan langkah-langkah pencegahan yang komprehensif agar kejadian serupa tidak terulang termasuk memperluas permohonan pemeriksaan," papar Menteri Industri Jepang Hiroshige Seko.

Dia menerangkan pihaknya biasanya tidak mengumumkan pemberian izin ekspor. Tetapi, kali ini dilakukan pengecualian karena Seoul menuding Jepang melakukan embargo ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper