Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKB ke Gerindra: Tak Usah Basa-basi, Tak Ada Makan Siang Gratis di Politik

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengaku tak yakin Partai Gerindra tak menginginkan jabatan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
Wakil Ketua sekaligus juru bicara Tim Kampanye Nasional Abdul Kadir Karding/Bisnis - Muhammad Ridwan
Wakil Ketua sekaligus juru bicara Tim Kampanye Nasional Abdul Kadir Karding/Bisnis - Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengaku tak yakin Partai Gerindra tak menginginkan jabatan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Hal ini dilontarkan Karding dalam forum diskusi membahas kursi pimpinan MPR yang juga dihadiri oleh anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade.

Mulanya, Andre mengatakan partainya tak menjadikan posisi ketua MPR sebagai syarat rekonsiliasi pascapemilihan presiden 2019. Namun, dia sekaligus tak menampik partainya ingin berkontribusi di lembaga permusyawaratan itu.

"Syarat rekonsiliasi itu tidak, tapi kami tidak munafik bahwa sebagai peraih suara kedua 2019 kenapa kami tidak bisa mendapatkan salah satu pimpinan kalau bisa berkontribusi," kata Andre di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Karding kemudian menanggapi pernyataan Andre ini. Menurut dia, ihwal tak ada syarat rekonsiliasi itu hanya pernyataan di permukaan.

Karding mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang gratis dalam politik.

"Di politik itu mana ada yang gratis, kita enggak usah basa-basi," kata Karding.

Karding mengatakan, Gerindra tak mungkin tak mendapatkan posisi apa pun di pimpinan maupun alat kelengkapan parlemen. Dia menduga rekonsiliasi politik di Indonesia saat ini masih harus disertai dengan pembagian kekuasaan.

Mantan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini berpendapat, tradisi bagi-bagi jabatan ini tak terhindarkan lantaran tradisi koalisi dan oposisi belum lazim di Indonesia.

"Saya pikir Gerindra tidak mungkin tidak mendapatkan apa-apa di pimpinan maupun di alat kelengkapan, dia akan pusing tujuh keliling," kata dia.

Maka dari itu, Karding meminta Gerindra sebaiknya tak sesumbar mengklaim tak ada syarat rekonsiliasi. Dia mengatakan pernyataan semacam itu akan memancing partai koalisi Jokowi-Ma'ruf untuk menantang Gerindra sekalian menjadi oposisi.

"Oleh karena itu jangan pernah bilang tidak, tidak ada syarat rekonsiliasi, itu akan memancing partai KIK (Koalisi Indonesia Kerja), sekalian aja nih kita jalan aja sendiri," kata Karding seraya tertawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper