Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enzo Zenz Allie Diduga Simpatisan HTI, TNI Sedang Lakukan Pendalaman

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu langsung bereaksi ketika mendengar dugaan taruna baru Akademi Militer Enzo Zenz Allie simpatisan organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI mencuat di publik. Nama Enzo terkenal setelah video viral dia diajak bicara dalam Bahasa Prancis oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam ujian pantauan akhir (pantukir).
Enzo Zenz Allie/Instagram
Enzo Zenz Allie/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - TNI sedang mendalami informasi yang menyebutkan Enzo Zenz Allie terindikasi simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI.

"Saya terima informasi yang sama dari kawan media. Sedang didalami, dibuktikan dulu dia terpapar atau tidak," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sisriadi saat dihubungi Rabu (7/8/2019).

Nama Enzo terkenal setelah video viral dirinya mengikut pantukhir yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto. Pantukhir ini adalah ujian terakhir sebelum seseorang masuk Akademi Militer.

Dalam video itu seorang pemuda bertampang bule tampak mahir berbahasa Prancis. Hadi Tjahjanto saat itu sempat bertanya dalam bahasa Prancis kepada pemuda blasteran Prancis-Indonesia itu.

Lebih lanjut, Sisriadi menegaskan TNI sudah sangat selektif dalam menyaring orang-orang yang ingin masuk Akademi Militer. TNI memiliki sistem seleksi mental ideologi. Mulai dari tes tertulis, wawancara, hingga penelusuran media sosial milik calon taruna Akmil.

Selain itu, selama masa pendidikan tiga bulan pun seluruh taruna, kata Sisriadi, akan menjalani pelatihan yang dapat membuatnya bersih dari berbagai pola pikir.

"TNI punya sistem untuk menyaring, namanya sistem seleksi dan klasifikasi. Jadi alat saringnya itu ketat sekali," kata Sisriadi. Dari situ kemudian TNI bisa membaca jika ada potensi ekstrem yang tertanam dalam individu calon taruna.

Informasi soal sosok Enzo Zenz Ellie beredar lewat akun Facebook seseorang bernama Salman Faris. Ia mencari tahu sosok Enzo lewat akun media sosial taruna Akmil itu.

"Penasaran dengan sosok Enzo Ellie. Remaja blasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI. Iseng nyari akun FB-nya, wah ngeri-ngeri sedap juga rupanya. Anak ini bersama ibunya yang bernama Hadiati Basjuni Ellie terindikasi kuat sebagai simpatisan HTI. Pendukung khilafah dan anti pemerintah. Kalau ayahnya sendiri yang berkebangsaan Perancis, menurut informasi telah wafat. Bukan apa-apa, sekedar kewaspadaan saja. Jangan sampai TNI memelihara anak ular," demikian tulisan unggahan Salman.

Tempo kemudian mencari tahu akun Facebook Enzo Zenz Allie, namun dari link yang diberikan oleh Salman, akun tersebut sudah tak bisa lagi diakses. Demikian juga dengan akun ibu Enzo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper