Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rebut Hadiah Ratusan Juta, Ayo Desain Gapura Kampus, Kantor, dan Kampungmu

Kurator akan menyeleksi foto-foto tersebut menjadi 60 nominator, untuk kemudian dilaporkan kepada Koordinator Bidang Penilaian dan Penjurian.

Kabar24.com, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengukuhkan 80 orang kurator yang akan betugas sebagai penilai Festival Gapura Cinta Negeri. Festival untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 RI tersebut menawarkan hadiah hingga Rp1 miliar.

Sekretaris Jenderal Kemendagri yang juga Ketua Festival Gapura Cinta Negeri Hadi Prabowo mengatakan bahwa tugas para kurator nantinya akan mencermati dan melakukan kurasi terhadap foto dan desain gapura yang dikirim ke panitia.

"Tentunya, tugas kurator mengkurasi terhadap foto-foto atau unggahan yang telah dikirim peserta,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Rabu (7/8/2019).

Selanjutnya, kurator akan menyeleksi foto-foto tersebut menjadi 60 nominator, untuk kemudian dilaporkan kepada Koordinator Bidang Penilaian dan Penjurian. Kemudian, para nominator tersebut akan dinilai lebih lanjut oleh dewan juri. Daftarkan di sini.

Adapun dari 60 nominator tersebut, terdiri dari dua kategori, yakni 50 dari kategori umum dan 10 dari kategori khusus. Untuk kategori umum pesertanya berasal dari RW se-Indonesia. Sedangkan untuk kategori khusus peserta berasal dari perguruan tinggi, dunia usaha, dan lembaga.

“Baik instansi maupun komunitas,” kata Hadi.

Dari setiap peserta, akan ada 10 foto yang dikurasi, 4 di antaranya foto saat proses pembuatan dan 6 foto merupakan foto gapura yang sudah berdiri dengan diambil dari beberapa angle. Untuk itu, para kurator diminta untuk mencermati foto-foto tersebut dari beberapa aspek yang telah ditetapkan.

“Pertama, kesesuaian terhadap tema yaitu cinta negeri. Kedua, orisinalitas ide. Ketiga, nilai seni. Keempat, estetika atau keserasian dan tingkat kreativitas.  Kelima, semangat kebersamaan dan gotong royong dalam pembangunan gapura,” katanya.

Festival Gapura Cinta Negeri dibuka sejak 17 Juli 2019 dan berakhir pada 17 Agustus 2019. Masyarakat dapat mengirimkan foto hasil desain gapura melalui www.gapuracintanegeri.com.

Para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp1 miliar, dengan rincian: Pertama, 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp50 juta per pemenang; Kedua, 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp250 juta  per pemenang; Ketiga, 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp50 juta per pemenang; Keempat, 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp100 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper