Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persekutuan Gereja: Mbah Moen Sosok Teladan Bagi Tokoh Agama Indonesia

Persekutuan Gereja-gereja Indonesia atau PGI turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya ulama karismatik KH Maimun Zubair di Mekkah, Arab Saudi. Selasa (6/8/2019). PGI menyebut Mbah Moen sebagai sosok ulama yang patut diteladani.
Sekretaris Umum PGI Pendeta Gomar Gultom/Istimewa
Sekretaris Umum PGI Pendeta Gomar Gultom/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Persekutuan Gereja-gereja Indonesia atau PGI turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya ulama karismatik KH Maimun Zubair di Mekkah, Arab Saudi. Selasa (6/8/2019). PGI menyebut Mbah Moen sebagai sosok ulama yang patut diteladani.

Sekretaris Umum PGI Pdt Gomar Gultom mengatakan atas nama gereja-gereja di Indonesia, dirinya menyampaikan turut berdukacita atas berpulangnya Mbah Moen. Kiai sepuh ini meninggal dunia saat hendak melaksanakan salat tahajud.

"Mbah Moen adalah sosok kiai yang patut menjadi teladan bagi ulama dan tokoh agama yang ada di Indonesia," katanya melalui siaran resmi, Selasa (6/8/2019).

Menurutnya sosok ulama besar ini dikenal sebagai kikai yang selalu menghadirkan nuansa keteduhan. Termasuk saat hiruk pikuk kontestasi politik yang berlangsung tahun ini.

"Olehnya, kepergian beliau tidak hanya kehilangan bagi PPP maupun NU, tidak juga hanya kehilangan bagi umat Islam, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia," terangnya.

Mbah Moen diketahui wafat sekitar pukul 4.00 waktu Arab Saudi. Ulama berusia 90 tahun ini meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur Arab Saudi. Namun belum diketahui penyakit apa yang diderita Mbah Moen menjelang ajalnya itu.

Mbah Moen juga dikenal sebagai sosok yang paling dihormati oleh kalangan para ulama dan masyarakat Jawa. Jagat maya juga dihiasi oleh ucapan bela sungkawa atas meninggalnya ulama sepuh ini termasuk dari tokoh besar seperti Mahfud MD dan Sandiaga Uno.

Sebagian besar kalangan mengenang sosok tersebut sebagai ulama yang mampu mempersatukan bangsa di tengah hiruk pikuk kontestasi politik pada Pilpres lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper