Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sabtu Pukul 00:22 WIB Gempa Tektonik 4.4  SR Guncang Sukabumi

Gempa tektonik dengan kekuatan di bawah 5 SR terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (3/8/2019), beberapa saat setelah pergantian hari.
Peta Gempa Sukabumi/bmkg
Peta Gempa Sukabumi/bmkg

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa tektonik dengan kekuatan di bawah 5 SR terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (3/8/2019), beberapa saat setelah pergantian hari.

Gempa terjadi pada pukul 00:22:02 WIB, Sabtu (3/8/2019) di wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.

"Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.4 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 7.43 LS - 106.48 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 49 km BaratDaya Kabupaten Sukabumi, jawa Barat, dengan kedalaman 27 Kilometer," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangan tertulis.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi tersebut diperkirakan sebagai gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi, digambarkan dengan  peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Panggarangan, Lebak-Banten dengan Skala Intensitas II MMI, Di Pelabuhan Ratu dengan Skala Intensitas I - II MMI.

Hingga pukul 00:38 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," ujar Hendro.

Masyarakat juga diminta memastikan bahwa informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website http://balai2.bmkg.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : bmkg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper