Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Tangkap Pembobol ATM Rp1,7 Miliar Milik Bank BUMN

Tersangka ditangkap terkait perkara dugaan tindak pidana akses ilegal mesin ATM milik salah satu bank BUMN di Majalengka, Jawa Barat pada 25 Juni 2019.
Tersangka kejahatan./Ilustrasi
Tersangka kejahatan./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap tersangka berinisial CP. Tersangka ditangkap terkait perkara dugaan tindak pidana akses ilegal mesin ATM milik salah satu bank BUMN di Majalengka, Jawa Barat pada 25 Juni 2019.

Kepala Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Kombes Pol Dani Kustoni mengatakan akibat aksi yang dilakukan tersangka sejak Maret hingga Juli 2019, bank BUMN yang namanya dirahasiakan itu mengalami kerugian hingga Rp1,7 miliar. Dani menjelaskan untuk menampung uang hasil tindak pidana akses ilegal tersebut, tersangka sudah menyiapkan 16 rekening bank yang berbeda.

"Kasus ini bermula ketika polisi mendapat info ada tindak pidana ilegal akses yang dilakukan pelaku, info berasal dari pihak bank yang dirugikan. Berbekal informasi itu, polisi langsung mencari keberadaan tersangka," tutur Dani, Jumat (2/8/2019).

Dani menjelaskan tersangka melakukan aksi itu menggunakan kartu ATM Giro miliknya yang telah dimodifikasi untuk melakukan transaksi di mesin ATM Mandirilink Merah Putih di Indomart kawasan Jember, Jawa Timur. Setelah berhasil, tersangka melanjutkan aksinya hingga beberapa kali.

"Kita mulai cari pelaku. Ternyata dia berpindah-pindah kadang-kadang di Jember dan Bali. Kita berhasil tangkap di Majalengka," kata Dani.

Setelah diinterogasi, tersangka mengaku melakukan aksi tersebut karena faktor kebutuhan ekonomi dan modal usaha.

"Tersangka ini membutuhkan modal usaha, karena dia menjadi distributor alat pembersih rumah tangga," ujar Dani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper